Seriusi Pembentukan Prodi Baru

15094862_1238806786178967_1877642773068798997_n

      Rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMG) Dr. dr. Muhammad Isman Jusuf, Sp.S menekankan agar pembentukan Program Studi (Prodi) dapat menseriusi. Ia mengharapkan agar proses pembentukan dapat secara tahap dilakukan evaluasi. Sehingga dapat diketahui secara jelas progres persiapan Prodi tersebut.

      “Persiapan pembentukan prodi harus punya target waktu. Untuk usulannya ke Kementrian Riset dan Dikti harus dituntaskan tahun ini juga,” ujar Dr. dr. Muhammad Isman dalam rapat internal yang digelar di Aula Rektorat, Selasa (15/11).

      Terkait dengan persiapan itu, lanjut Muhammad Isman, yang perlu dilakukan kedepan diantaranya menyangkut ketersediaan  Sumber Daya Manusia (SDM). Setiap prodi yang akan diusulkan minimal harus tersedia 6 orang dosen yang latar belakang keilmuannya liniear dengan disiplin ilmu yang diajarkan dalam prodi terkait.

      “Saat ini sebagian dosen sudah ada. Tinggal ditambah. Yang sebelumnya sudah ada itu untuk sementara dijadikan tenaga kontrak di UMG,” terang Mantan Dekan FIKES UMG itu. Adapun rencana prodi baru itu diantaranya, Prodi Pariwisata, Penjaskes, PAUD, Ilmu Manajemen, Ilmu Pemerintahan, Psikologi, dan Pendidikan Agama Islam (PAI).

      Penanggungjawab pembentukan prodi Manajemen Budiyanto Napu, MM mengatakan, pembentukan prodi Ilmu Manajemen sendiri tidak lain untuk menjawab tantangan pasar kedepan. Sejalan dengan MEA, tentunya sangat dibutuhkan SDM yang memiliki kapasitas. “Kita akan komitmen dengan kepemimpinan Rektor baru saat ini sesuai dengan visi-misi kampus unggul 2025,” pungkasnya. (GP)