Mahasiswa FKP Teliti Pengembangan Rumput Laut

      Aktivitas pembelajaran di UMG menggiring mahasiswa untuk betul-betul mendalami disiplin ilmu yang digelutinya.

      Karena itu, keseimbangan pembelajaran antara teori dan praktikum sangat dipentingkan di kampus pencerahan ini. Seperti halnya dilakukan mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) di UPT Loka Litbang Rumput Laut, Mananggu, Kabupaten Boalemo. Penelitian rumput laut ini dilaksanakan menyusul ditandatangani kerjasama antara FKP dan Loka Litbang Rumput Laut, yang meliputi kerjasama bidang akademik, penelitian dan informasi.

      Dekan FKP Ir. Drs. Ad Mahmudy Irdja, mengatakan kegiatan praktikum prodi budidaya ini digelar terpadu dan melibatkan seluruh mahasiswa semester I, III, V dan VII. Melalui kegiatan demikian, mahasiswa didorong untuk meningkatkan kemampuan mengaplikasikan teori yang didapatkan dari bangku perkuliahan. Disamping itu, diharapkan pula dapat memberikan pemahaman lapangan tentang lokasi budidaya laut (marikultur) dengan sistem Integrated Multi Trophic Aquaculture (IMTA). “Kita juga mendorong mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan analisis lapangan dan mengelolah data terkait dengan beberapa mata kuliah dalam kegiatan ini,” jelasnya.

      Kepala Loka Penelitian dan Penelitian dan Pengembangan Budidaya Rumput Laut Petrus Rani mengapresiasi keseriusan UMG untuk melakukan penelitian dan pengembangan rumput laut. Ia berharap kerjasama dan kegiatan  Praktikum Terpadu mahasiswa Prodi BDP UMG dapat membuka kesempatan bagi mahasiswa dan dosen untuk turut andil dalam riset terkait rumput laut. (GP)