Kampus Pencerahan Lahirkan 254 Sarjana Baru

KAMPUS PENCERAHAN – Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM Go) melahirkan 254 sarjana baru. Ini ditandai wisuda sarjana dan diploma IV angkatan VIII, Rabu (25/4) kemarin, di gedung Indoor David Bobihoe Akib, kampus UM Go. Melahirkan sarjana baru, adalah bagian dari out put sebuah penyelenggaraan perguruan tinggi. Ini pun wujud komitmen dan konsistensi kampus dalam melahirkan SDM yang kompetitif. Rektor UM Go Dr. dr. H. Muhammad Isman Jusuf, Sp.S hal itu terwujud berkat keseriusan civitas kampus yang secara terus menerus berupaya meningkatkan mutu pendidikan dan cepat beradapatasi dengan kondisi zaman.
Muhammad Isman menuturkan, sebelumnya, alumni UMGo tercatat berjumlah 1.500 orang dan telah terjun ke berbagai instansi negeri, swasta, bahkan berwirausaha. Setelah wisuda angkatan ke-VIII ini, total alumni UMGo bertambah lagi menjadi 1.745 orang. “Saya berharap para wisudawan kali ini mampu menunjukan dharma bakti bagi kemaslahatan umat, menjadi agen pencerahan, berpartisipasi aktif dalam pembangunan, dan jangan lupa dengan almamater Muhammadiyah” ujarnya.
Dalam kesempatan itu, Muhammad Isman menjelaskan pula, sejalan dengan semakin banyaknya masyarakat yang tertarik masuk UMGo, maka pihaknya terus melakukan upaya peningkatan mutu perguruan tinggi. Hal itu antara lain diwujudkan melalui perencanaan program yang berorientasi pada akreditasi. “Dari 11 prodi yang ada lebih dahulu, 9 di antaranya sudah B dan 3 lagi menunggu visitasi akreditasi B. Adapun 4 prodi baru sedang dalam pengusulan,” katanya. Kedepan ini, dia menargetkan , seluruh prodi akreditasi B bisa meningkat menjadi A sehingga paling tidak 50 persen prodi di UMGo sudah terakreditasi A. Target itu akan dipacu untuk peningkatan akreditasi AIPT yang kini berada pada status B. “Ini akan kita kejar selama 2018-2019. Kita ingin menjadi kampus unggul yang mampu menyiapkan pendidikan bermutu untuk seluruh masyarakat,” katanya. Upaya Muhammad Isman tersebut juga mendapat dukungan serius dari PP Muhammadiyah. Hadir dalam acara tersebut, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Anggota Majelis Dikti PP Muhammadiyah Prof. Dr. Achmadi Nurmandi, Ketua PP Muhammadiyah Prof. Dr. Abdul Kadim Masaong, Ketua BPH UMGo Drs. Muhammad N. Tui,M.Ag, Anggota Kopertis Wilayah IX Rustham Akili, para undangan dari pemerintah daerah dan pimpinan perguruan tinggi, serta wisudawan dan orang tua. Dari civitas UMGo, hadir Rektor Muhammad Isman bersama jajaran senat universitas serta para dosen dan tenaga penunjang akademik.