Maba FIKES Terima Pelatihan Soft Skill, Membangun Karakter Handal Menyongsong Revolusi Industri 4.0

Bagikan

KAMPUS PENCERAHAN – Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo (FIKES UM Go) baru saja menyelenggarakan pelatihan soft skill bagi mahasiswa baru (maba) tahun 2018. Kegiatan pelatihan soft skill ini diikuti oleh 246 maba FIKES yang terdiri dari 198 orang mahasiswa baru prodi S1 Keperawatan dan 48 orang mahasiswa baru S1 Psikologi. Mengusung tema “Membangun Karakter yang Handal dalam menyongsong Revolusi Industri 4.0” kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, 8 – 10 September 2018.
Menurut Ns. Fadli Syamsuddin, S.Kep., M.Kep., Sp. Kep. MB. selaku Ketua Panitia Soft skill bahwa kegiatan ini bertujuan membentuk karakter mahasiswa berdasarkan nilai keislamanan dan kemuhammadiyaan, memiliki pemahaman dan kemampuan dalam bidang Information Communication and Technology (ICT), Publik Speaking dan Enterpreneurship. Sementara Rektor UM Go Dr. dr. H. Muhammad Isman Jusuf, Sp.S yang membuka kegiatan secara resmi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sudah dimulai sejak dirinya menjadi Dekan FIKES 2014 dan ini merupakan tahun ke – 4 penyelenggaraan soft skill. Dia berharap agar komponen soft skill yang terdiri atas intrapersonal skill dan interpersonal skill dapat dikuasai oleh mahasiswa baru mengingat kebutuhan soft skill dalam persaingan dunia kerja mencapai sekitar 70 persen sedangkan hard skill sekitar 30 persen. Mengingat pentingnya kegiatan diharapkan mengikuti dengan baik, kegiatan dibuka dengan ditandai dengan pemasangan ID Card peserta kepada perwakilan mahasiswa kemudian diikuti serentak peserta soft skill. “Ya, jadi saat dibuka, dihari pertama yang dimulai dari pukul 05.30 diawali dengan apel pagi dan olahraga yang dikoordinir dari Organisasi Mahasiswa (Ormawa FIKES UM Go), kemudian pukul 06.30-07.30 dengan kegiatan tadarrus Al Quran dan shalat Dhuha secara berjamaah di mesjid Jusuf Polapa, kemudian dilanjutkan dengan materi soft skill. Materi Pertama disampaikan oleh Rektor UMGo mengenai isu kesehatan dan sosial dalam pandangan islam, menurutnya ada berbagai isu terkini yang perlu disikapi antara lain HIV AIDS, LGBT, Narkoba dan Aborsi. Kemudian materi selanjutnya mengenai Personality oleh lenny Syamsuddin, S.Psi, M.Psi., materi ketiga mengenai membangun karakter Muhammadiyah dibawakan oleh Wakil Rektor IV, Dr. Munkizul Umam Kau, M.Phil, dan diakhiri dengan Leadership dan manajemen organisasi oleh mantan Presma UM Go, Alwin Makuta, S.Kep,” imbuh Ns Syamsuddin. Kegiatan hari kedua seperti hari pertama diawali dengan tadarrus al quran dan shalat dhuha berjamah, dilanjutkan materi Information Technology in Health Care oleh Mukhlis Polin, S.Kom., M.Com yang merupakan lulusan dari Auckland University New Zealand, dia membahas mengenai Telemedicine, M-Health, Big Data dan Pentingnya IT dalam dunia kesehatan khususnya di keperwatan. Selanjutnya materi public speaking dibawakan oleh Agus Lahinta, M.Kom.,. Materi mengenai Long Life Learning dibawakan oleh Ns. Fadli Syamsuddin, M.Kep., Sp. Kep. MB., dan materi terakhir dihari kedua mengenai Disaster Manajemen dan Simulasi Bencana oleh Ns. Pipin Yunus, M.Kep. Dihari ketiga materi yang diberikan mengenai enterpreneurship menghadirkan 3 pembicara yakni Yustina Hiola, SE, Ak, MSA mengenai investasi saham kemudian Materi Technopreneurship oleh Direktur Rumah IT, Rubiyanto Maku, M.Kom, dan materi Nursepreneurship oleh Ns. Ahmad Jamaluddin, M.Kep., Sp.Kep. MB, WoCETN. Dan materi terakhir oleh Fendy A. Ntubuo, S.Sos., M.Si., Psi mengenai profil lulusan Psikologi.
“Acara ini ditutup langsung oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. Moon Hidayati Otuluwa, M.Hum. Dalam sambutannya beliau bangga dengan kreativitas mahasiswa baru dan panitia pelaksana yang mengadakan malam Inagurasi yang dikatakan beliau pertama diadakan di lingkungan UM Go apalagi acaranya langsung dihandle oleh mahasiswa baru 2018,” ujar Fadli. Dalam acara penutupan juga diserahkan Al Quran sejumlah 240 yang merupakan waqaf dari Maba 2018 kepada Wakil Rektor I. “Acaranya berakhir ditandai dengan penyerahan Sertifikat Soft Skill dari Kakak Pendamping dan Ormawa kepada Mahasiswa Baru,” pungkasnya.