Rektor UM Go Ikut Training LMIHE

Bagikan

KAMPUS PENCERAHAN – Rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM Go) Dr. dr. H. Muhammad Isman Jusuf, Sp.S bersama sejumlah pimpinan perguruan tinggi muhammadiyah mengikuti training of Leading and Managing Internasionalization Higher Education (LMIHE) yang diselenggarakan berkat kerjasama majelis diktilitbang PP Muhammadiyah dengan Monash University.

Pelatihan dilaksanakan di kampus Universitas Monash di Clayton Australia selama seminggu dari 1 – 6 Oktober 2018 dengan fasilitator Denis Murray, Ph.D dari Divisi riset dan kerjasama Monash University. Muhammad Isman mengungkapkan dalam training ini dibahas sejumlah hal terkait internasionalisasi kampus diantaranya urgensi internasionalisasi kampus, dimensi internasionalisasi dan strategi mewujudkan internasionalisasi.

“Bagi UM Go ini merupakan suatu kebanggaan dipilih majelis dikti untuk mengikuti kegiatan training ini. Direncanakan akan dibentuk tim task force yang akan memfollow up sejumlah rekomendasi dari training LMIHE. “Sejumlah kegiatan telah dipersiapkan diantaranya kegiatan pertukaran mahasiswa dan dosen dengan perguruan tinggi mitra luar negeri, studi tour, magang mahasiswa, join riset dan publikasi,” imbuh Muhammad Isman. Untuk itu kata Muhammad Isman, maka pihaknya berupaya mengalokasikan anggaran khusus internasionalisasi kampus dalam RAB, mempersiapkan kemampuan berbahasa inggris dosen dan mahasiswa serta membuat perjanjian kerjasama sebagai turunan dari MoU dengan sejumlah perguruan tinggi mitra luar negeri di Eropa, Taiwan, Jepang, Philipina dan Malaysia.

“Diharapkan internasionalisasi kampus akan mampu meningkatkan reputasi dan performa UM Go di kancah global,” harapnya. Sebelumnya Wakil ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah selaku koordinator kegiatan training, Prof.Dr. Edy Suandi Hamid mengharapkan pasca training, para pimpinanan Perguruan Tinggi Muhammadiyah segera menindaklanjutinya dengan program kegiatan terkait internasionalisasi.