UM Go – LPP Kelas III Seiriusi Pembicaraan Kerjasama

Bagikan

KAMPUS PENCERAHAN – Setelah sebelumnya mendapat kunjungan silaturrahmi dari jajaran Lembaga Pemasayarakatan Perempuan (LPP) kelas III Gorontalo. Maka, Senin (3/12) kemarin, giliran pimpinan dan segenap civitas akademika Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM Go) yang balik berkunjung ke LPP Kelas III Gorontalo di Kelurahaan Huto.

Kunjungan rombongan disambut langsung Kepala LPP Kelas III Gorontalo Nur Afiril Utami, Bc. IP, SH, M.Si. Rektor UM Go Dr. dr. H. Muhammad Isman Jusuf, Sp.S dalam pengantarnya mengatakan bahwa kunjungan balasan ini untuk menindaklanjuti pembicaraan kerjasama yang telah dibahas sebelumnya.

“Mungkin hal-hal yang akan dikerjasamakan sudah akan ditindaklanjuti. Nantinya kerjasama akan dilist dan dituangkan dalam dokumen MoU,” tutur Muhammad Isman. Terkait pembicaraan kerjasama ini, Muhammad Isman mengatakan mungkin nantinya ada kelas percontohan kampus di sebuah lapas, seperti halnya yang ada di Jawa.

“Dimana ini memberi ruang bagi warga binaan dan bahkan staf lapas untuk studi di UM Go,” ujarnya. “Jadi kita akan bekerjasama dalam hal pendidikan, kita berusaha dari warga binaan itu yang ambil kuliah di UM Go, terutama yang masa hukuman diatas 4 tahun, jadi saat masuk napi dan lulus sarjana,” tukasnya.

Kemudian dalam bidang riset, Muhammad Isman mengatakan pihaknya bisa bekerjasama dalam hal pembinan lapas dan kemudian pengabdian masyarakat diharapkan kontribusi dari dosen, TPA dan mahasiswa dari fakultas yang ada dalam rangka pembinaan dan pengembangan para warga binaan.

“Misalnya, pertanian, bagaimana membina warga binaan mahir bercocok tanam. Kemudian dari ekonomi mereka bisa berwirausaha, Kemudian dari kesehatan bagaimana upaya meningkatkan kesehatan itu sendiri dan masyarakat, dan bidang-bidang yang lain, fakultas lainnya juga mempunyai peran yang sama dalam pembinaan di lapas itu, dan alhamdulillah kita diberi kepercayaan oleh lapas,” imbuhnya.

Sementara Kepala LPP Kelas III Gorontalo Nur Afiril Utami, Bc. IP, SH, M.Si diawal sambutannya mengaku pihaknya senang atas kunjungan ini. “Hari ini kami sangat gembira hati, bersenang hati, dalam kunjungan ini,” imbuh Nur Afiril Utami.

“Kami dari pihak LPP sangat berterima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya juga apresiasi bagi UM Go yang telah berkenan menyambut silaturrrahmi kami, terutama bapak rektor yang ingin membuat LPP ini satu kerjasama kedepan, insya Allah akan berjalan dengan baik,” tuturnya. Lebih lanjut kata Nur Afiril Utami, dari hasil kunjungan sebelumnya, terungkap ada beberapa fakultas di UM Go.

Tentu harapan pihak LPP yang nantinya akan resmi berdomisi lengkap pada 5 Desember ini, tentu akan terjalin kerjasama antara LPP dan UM Go. “Hendaknya kerjasama itu kita implementasikan. Kami juga tersanjung dengan UM Go. Kami mengharapkan, yang pastinya diawal adalah dengan pertanian, dalam hal bercocok tanam. termasuk dari sisi keagamaan, guna menyentuh mental dari warga binaan,” tandasnya.