Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Select Language

KAMPUS PENCERAHAN – Puluhan Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM-Go) peringati hari Bumi dengan membagikan sejumlah bibit tanaman kepada warga yang melintas di jalan Prof. Dr. H. Mansoer Pateda, Desa Pentadio Timur, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo, Senin kemarin (22/04/2019).

Pembagian bibit ini diapresiasi warga yang melintas. Bahkan ada yang hendak memilih bibit yang disukai. Saat dikonfirmasi media Rakyat Gorontalo, Ketua Mapala Mohuyula UM-Go, Alfian S. Daenunu menjelaskan, bahwa kegiatan ini diprakarsai oleh UM-Go bersama seluruh pecinta alam provinsi Gorontalo, terutama Mapala yang ada di perguruan tinggi se provinsi Gorontalo.

“Kenapa kegiatan ini dipusatkan di UM-Go, karena mapala mohuyula UM-Go saat ini dipercayakan sebagai pusat koordinasi daerah, sesuai hasil Temu Wicara Kenal Medan (TWKM) tahun 2018 kemarin, di Padang, Sumatera Barat. Makanya sebagai bentuk tanggungjawab kami, hari ini (kemarin_red) kami
buat kegiatan hari bumi dengan tema bumiku asetku,” ungkap Alfian.

Adapun maksud pembagian bibit kepada masyarakat, Alfian menjelaskan, bahwa pembagian bibit ini dilakukan untuk mengajak masyarakat peduli akan bumi dengan melakukan penghijauan yang dimulai dari lingkungan dan rumah masing masing.

Ia meneruskan, pembagian bibit tanaman merupakan langkah kecil, dibanding kerusakan alam yang telah terjadi. Dan semua ini tidak lepas dari tanggungjawab pemerintah yang selama ini telah lepas tangan atas penggundulan hutan Meratus yang ada di Kalimantan. Tetapi diharapkan dengan langkah kecil ini, masyarakat dapat sadar dan peduli serta melestarikan lingkungan dan mencegah dari kerusakan alam yang lebih parah lagi.

“Dari aksi ini, kami berharap bisa menyadarkan masyarakat, mahasiswa, terutama kita sendiri dari mapala untuk lebih menjaga lagi lingkungan yang ada di sekitar kita. Untuk kampus, diharapkan lebih bersih lagi, lebih tertata dan insya Allah menjadi kampus hijau,” terangnya.

Sebelumnya, Wakil Rektor I UM-Go, Bidang Akademik, Prof. Moon Hidayati Otoluwa telah menerima sejumlah Mapala yang hendak memperingati hari Bumi di UM-Go. Kegiatannya diawali dengan orasi ilmiah hingga kemudian penanaman pohon.

“Kami sangat apresiasi, karena kegiatan mereka mau menghijaukan kampus, mau membuat kampus bersih. Untuk itu saya sampaikan agar kegiatan ini tidak sampai pada orasi saja, tetapi dengan memelihara kampus masing-masing. Seperti membuat taman-taman yang indah, memlihara hutan kampus, sehingga apa yang diharapkan oleh hari bumi ini benar-benar membuat bumi kita subur dan nyaman,” jelas Prof. Moon.

Ia pun berharap, setelah mereka mampu menyadarkan masyarakat, diharapkan mereka juga dapat menyadarkan mahasiswa yang ada di provinsi Gorontalo.
“Saya harap mereka mampu menanamkan dalam diri seluruh mahasiswa, bahwa kebersihan kampus itu adalah tanggungjawab seluruh mahasiswa, baik secara fisik maupun psikis,” pungkasnya.

Close Menu