Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Select Language

KAMPUS PENCERAHAN – Salah satu dosen di Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM-Go) berhasil terpilih sebagai pengurus Perkumpulan Pengelola Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Indonesia (P3PGSDI). Jabatan tersebut diperolehnya saat mengikuti Workshop Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Manajemen Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Berbasis Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0 di Hotel Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Ia adalah Kepala Program Studi (Kaprodi) PGSD, Sulemen. “Jadi disela-sela kedua kegiatan tersebut, ada kegiatan tambahan yang dilaksanakan, yaitu pelantikan pengurus P3PGSDI. Alhmadulillah, pada pelantikan kali ini, saya mendapat bagian sebagai pengurus. Mudah-mudahan kedepannya prodi PGSD di UM-Go akan lebih baik lagi,” ungkap Sulemen.

Mengenai Workshop PLP, Sulemen menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut merupakan penyamaan persepsi seluruh prodi PGSD yang ada di Indonesia dalam rangka penyusunan dan penetapan panduan PLP 1 dan PLP 2. Sekaligus membahas kebijakan dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) tentang pembagian porsi PLP dan PPL. “Jadi untuk tingkat sarjana (S1) akan berjenjang pada PLP 1 dan PLP 2, sedangkan untuk pendidikan profesi masuk pada PPL,” terangnya.

Sementara untuk Manajemen Prodi PGSD Berbasis IAPS 4.0 lebih kepada bagian daripada IAPS tersebut, yang terdiri dari kinerja laporan prodi dan evaluasi diri.

Diakhir kegiatan, para pengurus melaksanakan penandatanganan MoU dan MoA antara prodi yang tergabung dalam P2PGSDI. “Jadi ada 4 kegiatan yang saya ikuti di Jakarta, yakni PLP, Manajemen Prodi PGSD Berbasis IAPS 4.0, Pelantikan P3PGSDI dan pendatanganan MoU-MoA,” tutup Suleman.

Close Menu