Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Select Language

KAMPUS PENCERAHAN – Setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan Simposium Cendekia Kelas Dunia (SCKD) dengan menghadirkan narasumber diaspora Indonesia di Malaysia, kampus Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM-Go) kembali kedatangan tamu langsung dari luar negeri. Iya, Rektor UM-Go, Dr. dr. Muhammad Isman Jusuf pada Jum’at lalu dikunjungi pimpinan PT. OS Selnajaya salah satu perusahaan Jepang yang ada di Indonesia. Kunjungan tersebut, kata Rektor, selain sosialisasi dan promosi perusahaan juga membicarakan rencana kerjasama antara UM-Go dan PT. OS Selnajaya.

Saat itu, Mari Araki selaku Research and Development Advisor PT. OS Selnajaya menjelaskan, bahwa perusahaan Jepang yang berdiri sejak tahun 1995 ini bergerak dalam rekruitmen tenaga profesional, penempatan tenaga ke sejumlah sektor di Jepang dan pendidikan serta pelatihan bahasa Jepang. Rektor pun menyambut gembira atas kunjungan dari perusahaan Jepang ini dan berharap kerjasama dapat dikembangkan dalam empat (4) ranah.

Ranah pertama dalam bidang kemahasiswaan dan alumni. PT. OS Selnajaya diharapkan dapat merekrut para lulusan UM-Go yang berminat bekerja ke luar negeri khususnya ke Jepang. Termasuk membuka peluang mahasiswa UM-Go magang di perusahaan Jepang.

Ranah kedua dalam pendidikan. Dalam hal ini diharapkan para lulusan UM Go bisa terterima oleh pasar di Jepang. Tentunya harus memenuhi kompetensi yang distandarkan pihak Jepang. “Untuk poin ini, saya harap PT. OS Selnajaya memasukkan standar kompetensinya ke dalam kurikulum program studi (Prodi) di UM-Go,” ungkap Rektor.

Ranah ketiga dalam penelitian. Diharapkan ada kajian bersama atau join riset dalam rangka pengembangan kolaborasi Indonesia-Jepang. Dan ranah keempat dalam pengabdian masyarakat. Diharapkan ada dana CSR dari perusahaan Jepang bisa disalurkan dalam bentuk beasiswa untuk mahasiswa, penyiapan studi lanjut dosen dan penambahan fasilitas pembelajaran kampus. Dengan demikian, branding UM-Go sebagai kampus lokal mengglobal dapat segera terwujud.

Pada pertemuan tersebut Rektor UM-Go didampingi Wakil Rektor Bidang Riset, Pengembangan dan Kerjasama, Direktur UPT Kerjasama Global dan Regional, serta Direktur UPT Perencanaan dan Pengembangan. Turut hadir pula bidang humas dan kerjasama AIPNI regional Sulawesi yang memediasi pertemuan perusahaan Jepang ini dengan sejumlah perguruan tinggi anggota AIPNI termasuk UM Go.

Close Menu