Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Select Language

KAMPUS PENCERAHAN – Sejauh ini dampak daripada demonstrasi mahasiswa yang terjadi di Gorontalo, Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM-Go) adalah kampus yang paling disorot. Sebab diantara kejadian tersebut, salah satu korban mahasiswa berasal dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM).
Olehnya, dalam rapat forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) tingkat provinsi dan kabupaten/kota di rumah dinas (Rudis) Gubernur Gorontalo, Jum’at kemarin (27/9/2019), hal ini coba diluruskan Rektor UM-Go.

Rektor UM-Go, Dr. dr. Muhammad Isman Jusuf dalam forum tersebut menjelaskan, bahwa IMM adalah organisasi ekstra kampus yang terstruktur seperti HMI, mulai dari pusat sampai ke daerah. Di kampus pun mereka punya komisariat, baik UM-Go, UNG dan kampus lainnya. “Jadi kalau bicara IMM jangan hanya tertuju ke UM-Go, karena IMM ada disemua kampus,” ungkap Rektor.

Atas kejadian ini, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, kata Rektor, telah mengirimkan edaran yang didalamnya dituangkan empat poin penting. Pertama,
turut berbela sungkawa atas kejadian ini. Kedua, kejadian ini diaggap sebuah musibah yang harus diterima. Ketiga, jangan sampai terpancing dan terprovokasi. Empat, jangan lakukan aksi-aksi yang anarkis.

Namun demikian, agar lebih terkoordinir lagi, Rektor meminta kepada Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Gorontalo untuk berkoordinasi langsung dengan DPD IMM, baik provinsi maupun kabupaten/kota. “Sebab yang ada di kampus hanyalah komisariat. Namun saya sebagai Rektor akan menghimbau kepada mereka untuk tidak melakukan hal-hal yang anarkis,” terangnya.

Perlu diketahui, bahwa di grup whatsapp PP Muhammadiyah, para mahasiswa ini sudah diliburkan, karena sepertinya akan ada aksi besar-besaran khusus IMM di seluruh daerah. “Kami mohon maaf untuk hal ini, karena mereka punya struktur tersendiri. Namun saya kira, melalui Kapolda, TNI, Kabinda maupun Gubernur bisa mengundang organisasi mahasiswa (Ormawa) ekstra kampus ini, untuk duduk bersama dalam forum yang serupa,” pungkasnya.

Close Menu