logo-1.png
Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Select Language

KAMPUS PENCERAHAN – Menutup akhir tahun 2019, kabar gembira diterima oleh pengelola jurnal di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM-Go).
Tepat pada Desember tahun 2019 kemarin, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui Direktorat Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan menerbitkan Surat Keputusan Nomor 36/E/KPT/2019 tentang hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode VII Tahun 2019.

Berdasarkan surat keputusan tersebut, sebanyak 1.005 jurnal terakreditasi melalui Science and Technology Index (Sinta) dengan rentang Sinta 2 hingga 6. Dengan demikian total jurnal yang terakreditasi pada skala nasional sampai 31 Desember 2019 adalah sebanyak 4.602 jurnal.

Pada periode akreditasi ke VII tahun 2019 ini, UM-Go medapatkan hasil yang cukup baik. Sebanyak 4 jurnal UM-Go bertambah mendapatkan akreditas nasional, dengan rincian Sinta 3 Jurnal Publik terbitan program studi (Prodi) Administrasi Publik. Adapun untuk Jurnal Akademika (LPPM), Jurnal Ajamy (Prodi Sastra Arab) dan Jurnal British (Prodi Sastra Inggris) terindeks Sinta 5.

Dari 16 jurnal yang dimiliki kampus UM-Go, baru 4 jurnal ini yang sudah terakreditasi nasional. Sisanya masih dalam proses pengusulan akreditasi. Diharapkan dengan adanya hasil akreditasi ini pengelolaan jurnal UM-Go terus bergerak ke arah yang lebih baik.

Sinta sendiri merupakan portal yang berisi tentang pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang meliputi antara lain kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal dan kinerja institusi Iptek. Sinta berbeda dengan alat pengindeks yang sudah ada, seperti Google Scholar, Portal Garuda, Indonesia Science and Technology Index (InaSTI) dan Indonesian Publication Index (IPI).

Sinta sudah mengarah ke portal pengindeks global (Internasional) semisal Scopus yang sudah memiliki fitur yang lebih lengkap karena sudah dilengkapi dengan beberapa fitur, seperti Citation, Networking, Research dan Score.

Pada tahun 2020 ini diharapkan semakin banyak jurnal di lingkungan UM-Go yang terakreditasi nasional dan terindeks pada pengindeks internasional, seperti DOAJ (Directory of Open Access Journals) dan Scopus.

Close Menu