UPT Pusat Bahasa dan Kerjasama Luar Negeri

Sejarah

 

Pusat Bahasa dan Kerjasama Luar Negeri (PB-KLN) Universitas Muhammadiyah Gorontalo,berdiri pada tahun 2013, berdasarkan SK Rektor nomor : 035/KEP/II.3.A.U/D/2013

PB-KLN adalah unit teknis yang dibentuk memenuhi pelayanan dan pengembangan bahasa serta membangun kerjasama luar negeri dalam rangka peningkatan kualitas kampus dan civitas academika di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMG).

 

Visi

 

Menjadikan pusat bahasa sebagai wadah pelayanan dan pengembangan bahasa untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas serta perluasan jejaring kerja universitas.

 

Misi

 

1.Menciptakan Sumber Daya Manusia Berkualitas di dalam ranah ilmu bahasa sehingga dapat mengembangkan keilmuan yang di milikinya yang bertaraf internasional

2.Membangun kerjasama dengan berbagai pihan yang menguntungkan pengembangan UMG kedepan.

 

Tujuan

 

1.Membantu civitas academica UMG,termasuk masyarakat di seluruh level dalam penigkatan kompetensi berbahasa secara lisan dan tulisan (bahasa Inggris dan Arab)

2.Mendukung kebijakan universitas tentang standar Skor bahasa inggris (Test of English as a Foreign Language) untuk mahasiswa pra strata ujian TOEFL yang minimal skornya 400, bagi mahasiswa non jurusan Bahasa Inggris,dan skor 450 bagi mahasiswa jurusan bahasa inggris.

Demikian juga kepada dosen UMG, minimal mempunyai score TOEFL 500.

3.Untuk membantu persiapan civitas academika UMG, termasuk masyarakat umum untuk dapat melanjutkan studi luar negeri, short course, serta dapat mengikuti seminar atau conference bertaraf internasional.

4.Untuk mendukung universitas dalam rangka perluasan jaringan kerjasama sehingga terwujudnya kampus yang berkualitas standar international.

5.Membantu publikasi hasil-hasil penelitian ilmiah,yang di terbitkan dalam bahasa Inggris maupun Arab, yang di terbitkan dalam jurnal nasional maupun internasional.

6.Untuk memberikan pelayanan informasi kepada seluruh elemen masyarakat tentang pentingnya penguasaan bahasa asing.

Struktur Organisasi

 

      Ketua                                     : Salma Rivani Luawo, MA

    Sekretaris                              : Indri Afriani Yasin, S.Pi

Anggota                                 : Sartika P. Nur, S.Pd

                                       Mutmainah Dai