Kampus Pencerahan – Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) untuk kedua kalinya menggelar event Pagelaran Seni dan Budaya, pada Kamis (29/07/2021) untuk tahun ajaran 2020/2021.

Dimana Pergeralan Seni dan Budaya ini mengusung tema “Bina Bakat dan Kreativitas untuk Membentuk Pendidik yang Menginspirasi dan Mencerdaskan”, dan sesuai dengan yang dilaporkan Dekan FKIP, Dr. H. Abd. Hamid Isa, M.Pd., kegiatan ini sebenarnya adalah bentuk apresiasi kepada mahasiswa.

“Apresiasi yang dimaksud khususnya dalam perkuliahan, karena Seni Tari dan Drama termasuk masuk dalam salah mata kuliah, maka dari itu dengan adanya output penilaian untuk nilai mata kuliah, kami mengemasnya dalam sebuah kegiaan pergelaran seni,”Ungkapnya saat memberikan sambutannya.

Selain itu juga Dr. Hamid mengatakan sesuai dengan tema yang ada, ia berharap ada upaya kontinu dan berkesinambungan dalam melakukan pembinaan minat dan bakat kepada para mahasiswa dimana mereka adalah calon guru sekolah dasar (sd) sehinnga kelak kedepan bisa menjadi pendidik yang inspiratif dan mencerdaskan.

Adapun beberapa jenis kegiatan yang akan kita di lombakan pada pergelaran Seni dan Tari ini ialah, Tari dan Drama, Kuliah tiga menit, Tilawah, Puisi, dan Vokalia.

Dilain sisi, Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan, Dr. Apris Tilome,S.Ag.M.Si.,
saat memberikan sambutannya mewakil Rektor yang berhalangan hadir memberikan suatu perumpaan yakni Hidup tanpa seni bagaikan sayur tanpa garam.

“Jadi kalau hidup itu tidak ada seninya, seperti mayat hidup yang berjalan saja tidak ada suasana romantis,”Cetusnya.

Kemudian terkait dengan kegiatan pergelaran seni yang menurut Dekan FKIP sudah dua kali dilaksanakan dan merupakan bagian dari kurikulum, tentu saja pihaknya sangat mengapresiasi karena sejak ia menjabat sebagai Wakik Rektor III melihat perkembangan laporan-laporan kemahasiswaan yang ada di L2Dikti itu sangat minim.

“Khususnya dari UMGo, karena tidak ada laporan-laporan yang akan dilaporkan ke L2Dikti. Oleh karena itu kami sudah meminta kepada Rektor untuk membentuk satu wadah untuk kegiatan kemahasiswaan untuk meningkatkan bakat dan minat untuk mahasiswa yang berprestasi,”Ucapnya.

Lanjutnya, maka pihaknya tentu akan berusaha pada tahun ajaran tahun ini untuk memfokuskan peningkatan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan. Lalu untuk PGSD ia punya harapan sendiri, apalagi prodi ini memiliki mata kuliah Seni Tari dan Drama yang bisa meningkatkan kreativitas mahasiswa baik ditingkat Regional, Nasional, dan Internasional.

“Saya juga sudah menyampaikan kepada Rektor bahwa kalau bisa setiap Fakultas/Prodi punya ciri khasnya masing-masing.
Insya Allah kedepannya PGSD yang saat ini menjadi prodi favorit karena banyak peminatnya, mudah-mudahan bisa menjadi prodi unggulan yang akan terus kami dorong agar mendapatkan akreditasi A karena dari segi sumber dayanya sudah memenuhi,”Tutupnya. 

Close Menu