Awali Perkuliahan, Program Magister Administrasi Publik UMGO Laksanakan Matrikulasi 

Kampus Unggul dan Berkemajuan
Mengawali proses pembelajaran di Program Studi Magister (S2) Administrasi Publik (AP) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO), Prodi S2 AP melaksanakanKuliah Perdana Matrikulasi .

Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu (25/2/2023), bertempat di Aula Gedung Rektorat Lantai 3 dan diikuti oleh seluruh Mahasiswa Baru. Ketua Program Magister AP, Dr. Srihandayani Suprapto, SE, M.Si., saat memberikan laporan mengatakan
kegiatan Matrikulasi ini tujuannya agar mahasiswa-mahasiswi baru terutama yang bukan lulusan Sarjana AP dapat mengetahui gambaran umum mengenai perkuliahan awal yang akan mereka hadapi di semester pertama.

“Dan para mahasiswa dapat mengenali dasar-dasar AP yang akan mereka pelajari pada semester pertama, tak hanya mahasiswa yang bukan background AP perkuliahan Martikulasi diikuti oleh mahasiswa lulusan AP untuk mengupgrade kembali ilmu yang sudah mereka dapati sebelumnya. Lahirnya program Magister AP tidaklah mudah ada proses yang panjang sejak tahun 2019 dan berakhir pada tahun 2022 di bulan November dengan adanya SK, sehingga pada 25 Februari 2023 ini merupakan sejarah prodi S2 AP mengawali perkuliahan,” jelasnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Dr. Muh. Firyal Akbar, saat memberikan sambutan mengatakan dibukanya prodi Magister Administrasi Publik patut kita syukuri karena merupakan satu-satunya prodi Magister di UMGO sehingga bisa menstimulan prodi-prodi lain untuk menbuka program magister.

“Alhamdulillah satu hal yang paling membanggakan diisi oleh orang-orang kampus UMGO, salah satunya adalah Pak Agus Madina yang menandakan ini salah satu komitmen beliau dalam pengembangan SDM khususnya di Kampus UMGO,” ungkapnya.

Ia juga berharap kedepan, jumlah mahasiswa S2 AP semakin bertambah dan AP akan semakin dikenal masyarakat lua, dan terkait kegiatan hari ini ia mengatakan berujuan untuk memberikan peningkatan kompotensi mahasisea memberikan pemahaman kepada mahasiswa S2 AP mengenai perkuliahan.

“Sebenarnya perkuliahan Martikulasi ini dikhususkan bagi mahasiswa yang di luar disiplin ilmu AP  tetapi disini ada juga sarjana AP yang ikut untuk merefresh materi-materi terkait ilmu kita. AP tidak hanya berbicara eksekutifnya tetapi lebih dari itu ada hubungan sosial dan sebagainya, sehingga prodi ini ada kaitannya dengan tugas atau pekerjaan Bapak-Ibu karena tidak lepas dari Administrasi Publik,” tandasnya.

Wakil Rektor I, Prof. Moon Hidayati Otoluwa saat membuka kegiatan tersebut berpesan untuk mengikuti Martikulasi dengan baik, karena di Martikulasi inilah kesempatan Bapak-Ibu untuk mengingat kembali apa yang Bapak-Ibu sudah dapatkan dulu sebagai jambatan untuk mengikuti perkuliahan dan bagi yang belum familiar dengan AP dapat memiliki gambaran terkait AP.

“Saya melihat mahasiswa S2 AP didominasi oleh orang-orang UMGO ini merupakan hal yang membanggakan, namun tentu ada  keuntungan dan kerugian kalau mahasiswa atau dosen saling kenal, kalau sudah kenal akan ada memandang rendah sedikit  dan jika dibiarkan akan jadi banyak dan sudah pasti akan menghambat Bapak-Ibu saat studi, namun keuntungannya karena sudah akrab ketika sudah berkomunikasi lancar-lancar saja, tetapi kedekatan ini harus dijaga Bapak-Ibu sekalian jangan sampai yang negatif yang muncul harus profesional baik Dosen dan Mahasiswa dan saling menghargai,” tegasnya.

Prof Moon juga meminta para mahasisa untuk menunjukkan kesungguhan dalam belajar sehingga dapat menyelesaikan studi dengan cepat.

“Kesungguhan Bapak-Ibu dalam studi untuk cepat selesai terus dipuput, apalagi Bapak-Ibu akan terbantu banyak karena sebagian besar berada di Gorontalo tinggal bagaimana memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Rektor juga berpesan kepada mahasiswa untuj memanfaatkan waktu dan peluang sebaik mungkin sehingga bisa cepat selesai tetapi dengan kualitas yang terbaik juga,” tutupnya.

Turut hadir, Wakil Rektor 1, Prof. Moon Hidayati Otoluwa, Dekan FIS, Dr. Muh. Firyal Akbar, Kaprodi Program Magister AP, Dr. Srihandayani Suprapto, SE, M.Si., Kaprodi-kaprodi di lingkup FIS, para Dosen dan Mahasiswa.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com