Rektor UMGO Buka PESMABA Prodi Kedokteran UMGO

Kampus Unggul dan Berkemajuan – Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo (FKIK UMGO) menyambut mahasiswa baru angkatan 1 tahun akademik 2023/2024 dengan rangkaian kegiatan Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba). Jumlah mahasiswa baru yang diterima oleh Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Gorontalo tahun ini sebanyak 17 mahasiswa.

Acara pembukaan PESMABA UMGO dilaksanakan pada Sabtu (11/11/2023) di Aula Rektorat Lantai III UMGO, dihadiri oleh Rektor UMGO, Prof. Abd. Kadim Masaong, M.Pd., Wakil Rektor  II, Dr. Salahudin Pakaya, Wakil Rektor III, Dr. Apris Ara Tilome, Kepala Biro Umum dan Keuangan UMGO, Ramla Alkatiri, M.Si.,  Dekan FKIK, Dr. Zuriati Muhamad beserta para wakil dekan, para dosen dan tenaga kependidikan FKIK UMGO juga mahasiswa baru kedokteran UMGO angkatan 1.

Kegiatan PESMABA Kedokteran dilaksanakan tanggal 11-12 November 2023. Dalam sambutannya Dr. Zuriati Muhamad selaku Dekan FKIK UMGO mengatakan, rangkaian kegiatan PESMABA Prodi Kedokteran ini bertujuan sebagai masa peralihan untuk mempersiapkan mahasiswa baru, dari tingkat sekolah ke tingkat perkuliahan yang memerlukan sebuah proses yang berkesinambungan dan terarah, sehingga mampu beradaptasi dan menjalani aktivitas perkuliahan dengan baik.

“Kegiatan ini sangat penting dilakukan  karena perlu adanya adaptasi dari lingkungan di sekolah ke tingkat perkuliahan. Alhamdulillah setelah menerima SK pembukaan Prodi Kedokteran kita sudah membuka penerimaan mahasiswa baru dalam waktu yang singkat dan hari ini tiba pada proses PESMABA. Ini merupakan perjuangan yang besar dan tidak terlepas dari peran Rektor UMGO dan dan civitas akademika UMGO sehingga prodi kedokteran bisa terwujud,” Ucapnya.

Ia Berharap dengan rangkaian kegiatan ini mahasiswa baru Kedokteran dapat memahami dengan baik tata kehidupan kampus berdasarkan Catur Dharma Perguruan Tinggi dan menjalin Silaturrahim yang baik dengan jajaran civitas akademika selingkup FKIK UMGO.

“Dari penjaringan ada 40 lebih yang mendaftra dan Alhamdulillah 16 mahasiswa baru kedokteran merupakan yang terbaik, 16 orang ini lolos untuk menjadi maba UMGO di gelombang pertama. Tentu tantangan yang akan kalian hadapi cukup  besar kedepan perlu ada effort yang luar biasa untuk mendapatkan gelar sarjana kedokteran karena ditangan kalian nantinya akan menyembuhkan masyarakat. Jadi saya minta kalian mengikuti kegiatan ini dengan baik karena senin mendatang sudah mulai perkuliahan perdana,” Tandasnya.

Sementara itu Rektor UMGO, Prof. Abd. Kadim Masaong dalam sambutannya mengatakan atas nama civitas akademika UMGO mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung bagi mahasiswa kedokteran UMGO.

“Alhamdulillah target kita menerima mahasiswa tahun ini sudah terpenuhi meskipun dalam jumlah terbatas, tentu kalian adalah pembuka pintu perkuliahan kedokteran UMGO maka tentu layak di katakan pahlawan untuk kedokteran UMGO, karena sebagian mahasiswa baru ini sudah kuliah di tempat lain karena niatnya ingin masuk kedokteran maka memilih UMGO. Kalian harus jadi pelopor kedokteran UMGO dan menjadi dokter yang bermanfaat bagi masyarakat,” Ucapnya.

Ia berpesan agar mahasiswa bangga dan berkomitmen sebagai mahasiswa baru Prodi Kedokteran UMGO yang memiliki kepedulian tinggi, beraklak, beretika dan berprestasi.

“Kalian harus bersungguh-sungguh dalam menuntut Ilmu, ingatlah perjuangan dan pengorbanan orang tua harapan mereka ada dipundak adik-adik sekalian. Keberhasilan ada ditangan kalian sendiri dan 90% keberhasilan/kinerja seseorang ditentukan oleh Kecerdasan Emosional dan Spiritual diantaranya dengan membangun dan mempertahankan hubungan istimewa, meningkatkan efektivitas anda yang tenang di bawah tekanan, harus memiliki visi hidup dalam meraih masa depan dan harus memiliki nyali yang besar untuk melampaui harapan,” Tutupnya.

Kegiatan berlanjut dengan pemaparan berbagai materi tentang kehidupan kampus dan FKIK diantaranya materi 1 tentang Motivasi Belajar dan Kecerdasan Spiritual oleh Rektor UMGO, materi 2 Orientasi dan Pengenalan Dosen Kedokteran oleh Kaprodi Kedokteran, materi 3 tentang Aturan Akademik Prodi Sarjana Kedokteran oleh Wakil Rektor 1 dan Wakil Dekan 1 FKIK UMGO, materi 4 Pemaparan Kurikulum dan Jadwal Pembelajaran Semester 1, dr. Fadel Bilondatu dan dr. Novitasari, materi 5 Sarana dan PrasaranaPrasarana Fakultas,  Wakil Rektor 2 dan Kepala BKSDAKK, materi 6 Kemahasiswaan dan PPKKMB, Wakil Rektor 3 dan dr. Putri, materi 7 Pengenalan SKDI dan Metode Penilaian, dr. Irwin Aras dan materi 8 Strategi Pembelajaran, dr. Asty Amalia.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com