Workshop Academic Writing, Sastra Arab UMGO Dorong Mahasiswa untuk Menulis Artikel

Kampus Unggul dan Berkemajuan – Demi mendorong mahasiswa untuk menulis dan dapat menghasilkan artikel ilmiah, Program Studi S1 Sastra Arab Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) menghadirkan Prof. Dr. Yusring Sanusi Baso, SS., M.App., Ling, Profesor dalam Bidang Ilmu Pembelajaran Bahasa dan Sastra Arab Universitas Hasanuddin Makassar yang hadir via Zoom meeting dan Dr. H. Ibnu Rawandhy N.Hula, SS., MA., Kepala Pusat Bahasa IAIN Gorontalo sebagai narasumber.

Workshop Nasional Academic Writing yang diikuti oleh mahasiswa Sastra Arab ini bertajuk “Eksplorasi Riset Bahasa dan Sastra Arab di Era Digital : Antara Inovasi dan Perservasi”, pada Kamis Senin 28 Desember 2023 di Gedung Indoor David Bobihoe Akib. 

Dalam sambutannya, Ketua Program Studi Sastra Arab, Sriwahyuningsih R. Saleh S.S, M.Pd.I  menyampaikan workshop ini merupakan bagian dari magang Sastra Arab dimana mahasiswa diajarkan bagaimana cara untuk bisa menulis dan menghasilkan artikel dengan baik yang layak untuk dipublikasi. 

“Pentingnya mempublikasikan penelitian bahwa hasil penelitian perlu tersampaikan kepada khalayak luas bukan sekedar tersimpan di perpustakaan semata, yang nantinya hasil penelitian ini bisa menjadi rekam jejak ilmiah yang bisa digunakan untuk mahasiswa yang akan studi lanjut atau mengajukan beasiswa. Alhamdulillah kegiatan ini dihadiri oleh dosen-dosen IAIN dan juga ada dari Universitas Ichasan Gorontalo Utara, dimagang dua kami melaksanakan Praktek Lingkungan Kerja  kami menyebar mahasiswa di beberapa sekolah di SMA/SMK/MA di Kabgor mereka juga kami tugaskan untuk sosialisasi UMGO dan kami sudah mengantongi nama-nama calon maba UMGO khususnsya prodi Sastra Arab, semoga dengan ini Sastra Arab salah satu prodi terbaik di UMGO,” Jelasnya. 

Dalam momentum tersebut juga di rangkaikan dengan penandatangan Kerja Sama antar Prodi Sastra Arab UMGO dengan Pusat Pengembangan Bahasa IAIN Gorontalo dan Prodi Pasca Sarjana Pendidikan Sastra Arab IAIN Gorontalo. 

Terakhir, Dekan FIS yang diwakili oleh Kaprodi Program Magister AP, Dr. Srihandayani Suprapto, SE, M.Si., mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Sastra Arab dimana ini sebagai langkah maju ketika prodi melakukan terobosan yang dapat meningkatkan kualitas prodi dan mutu akademik di lingkungan UMGO. 

“Prodi Sastra Arab sebagai salah satu prodi yang banyak memiliki kegiatan-kegiatan positif sehingga lulusannya mudah terterima di pasar nasional hingga internasional, atas nama pimpinan Fakultas  kami memberikan apresiasi atas Prestasi yang diraih oleh Sastra Arab dan kami berharap ini dapat memotivasi prodi lain. Berkat kerja sama international Sastra Arab akhirnya memiliki nilai akreditasi cukup  tinggi sehingga pertama kalinya menjadi prodi yang tidak divistasi tetapi langsung mendapatkan nilai akreditasi B dan kurang beberapa angka saja hampir mencapai nilai akreidtasi A dan ini merupakan Prestasi yang membanggakan kedepan semoga prodi Sastra Arab menajdi prodi Unggulan,” Ungkapnya. 

Ia berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif khususnsya prodi Sastra Arab dan UMGO.

“Sebagai laporan saya karena saya juga mengajar kepada mereka, mereka memiliki kedisiplinan, dedikasi dan taat serta tidak melupakan sholat Lima waktu saya berhadap sikap ini bisa diikuti oleh mahasiswa. Dan untuk kegiatan ini mari diikuti dengan seksama dan semangat karena kalian adalah generasi penerus apalagi yang masuk Sastra Arab,” Tutupnya.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com