KPU Kabgor Bekerja Sama dengan HIMA Justicia UMGO Gelar Seminar Kepemiluan

Kampus Unggul dan Berkemajuan – Menjelang perhelatan pesta demokrasi 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo menggelar sosialisasi tatap muka Tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024 di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) yang bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Justicia Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO). 

Seminar Kepemiluan yang berlangsung pada Sabtu, 23 Desember 2023 di Area Food Court UMGO ini mengusung tema

“Penegakan Hukum Pemilu dalam Membangun Kepercayaan Masyarakat”. Adapun yang menjadi pemateri ialah Ketua PU Kabupaten Gorontalo, Roy Hamrain dan Wakil Rektor II UMGO, Dr. Salahudin Pakaya yang juga mantan ketua Komisi Pemilihan Umum KPU Kabupaten Boalemo.

Ketua Kabgor, Roy Hamrain memaparkan materi pemilu 2024 dan peran pemilih pemula pada pemilu 2024. 

“Kami mengajak dan mendorong Gen Z pada pesta demokrasi 14 Februari 2024 mendatang untuk menggunakan hak pilihnya sebaik mungkin dan tidak Golput, karena berpartisipasi aktif dari generasi muda dalam Pemilu memiliki dampak besar pada kebijakan dan berpengaruh Indonesia kedepannya,” Pintanya. 

Sementara itu Wakil Rektor II, Dr. Salahudin Pakaya saat diwawancarai usai pelaksanaan kegiatan mengatakan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU dengan melibatkan mahasiswa Hukum UMGO dan diakomodir langsung oleh Dosen-dosen Hukum. 

“Jadi kita membicarakan tentang bagaimana menegakan Hukum pemilu itu sehingga masyarakat bisa percaya dengan hasil pemilu, sebenarnya itu intinya. Saya juga dipercayakan sebagai narasumber, pada diskusi ini mengarah agar bagaimana penyelenggaraan pemilu tahun 2024 ini baik pemilihan presiden dan legislatif itu bisa berlangsung sesuai asas-asas pemilu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil, yang dikenal sebagai luber dan jurdil dan semua norma-norma Hukum itu bisa ditegakan oleh penyelenggara terutama oleh KPU dan Bawaslu karena KPU sebagai pelaksana atau eksekutifnya dan Bawaslu yudikatifnya sebagai pengawas kalau ini berjalan secara efektif kami meyakini pemilu akan datang ini bisa di terima oleh masyarakat,” Tandasnya. 

Lanjutnya, mahasiswa ini merupakan pemilih dimana mereka sudah akan menggunakan hak pilih pada tahun 2024 mendatang dan mereka adalah generasi yang harus sudah mengetahui proses politik karena merekalah ditahun-tahun berikut akan menjadi aktor-aktor di masyarakat meskipun ada yang menjadi aktivis di bidang politik, birokrasi dan lain-lain mereka adalah cikal bakal pemimpin dimasa yang akan datang sehingga mereka sudah harus banyak diajak membicarakan proses-proses politik di Indonesia. 

“Agar mereka tidak tabu dan mereka tau bahwa demokrasi itu harus dikawal, harus disupport agar bangsa ini bisa berjalan efektif dan terutama adik-adik mahasiswa kedepannya akan berperan menjadi aktor di masyarakat,” Ucapnya. 

Ia berharap melalui kegiatan ini mahasiswa  ikut terlibat di dalam proses mengawal pemilu tahun 2024 terutama di hari H pada 14 Februari 2024.

“Harapan teman-teman KPU dimana mahasiswa bisa mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya dan saya juga menyampaikan kepada mahasiswa bisa melakukan pengawasan terhadap pelanggaran-pelanggaran terutama kejahatan yang biasa terjadi di dalam proses pemilu entah itu kecurangan, intimidasi, teror-teror di masyarakat mahasiswa harus membantu  untuk meneggakan itu,” Tutupnya. 

Hadir dalam pantauan, Ketua KPU Kabgor, Roy Hamrain beserta jajaran, Wakil Rektor II, Dr. Salahudin Pakaya, Wakil Rektor III, Dr. Apris Ara Tilome, Dekan FIS, Dr. Muh. Firyal Akbar, Dosen-dosen Hukum, pengurus HIMA Justicia UMGO serta mahasiwa prodi Hukum UMGO.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com