Milad FAI UMGO ke-1 Gelar Seminar Muslimah Nasional

Kampus Unggul dan Berkemajuan – Fakultas Agama Islam (FAI) mengadakan Special Event dalam rangka Milad FAI yang ke-1 tahun dan Hari Ibu 22 Desember mendatang, yakni Kajian Muslimah Nasional yang diikuti puluhan peserta Muslimah dari berbagai kalangan Majelis Taklim se Kabupaten Gorontalo, yang diselenggarakan di Gedung Indoor David Bobihoe Akib, Ahad (17/12/2023).

Kajian Muslimah Akbar ini mengusung tema “Urgensi Pendidikan Agama bagi Ibu dalam Membentuk Kesehatan Mental Generasi Milenial” oleh Dr. Rulyjanto Podungge, Lc., M.Si. Dimana kegiatan ini bertujuan syi’ar kepada masyarakat juga sebagai salah satu upaya agar masyarakat Gorontalo dapat memiliki bekal ilmu agama sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan As-Sunnah, utamanya dalam mendidik anak dan menjauhkan anak-anak dari hal menyimpang dan menjaga Kesehatan mental mereka melalui penguatan Agama. 

Dekan Fakultas Agama Islam, Dr. Irmawati Duko,M.Pd., bersyukur FAI yang kini berusia 1 tahun dengan penuh kebahagiaan dan rasa syukur melaksanakan kegiatan Seminar Muslimah tingkat Nasional yang dirangkaikan dengan milad FAI yang pertama. 

“Alhamdulillah dibulan ini FAI sudah genap  satu tahun dan dengan usia yang sangat muda FAI sudah melakukan berbagai macam kegiatan dan memiliki mahasiswa hampir 100. Kegiatan hari ini kami laksanakan karena FAI fokus pada pengembangan karakter islam tidak hanya mahasiswa tetapi untuk masyaraktat, zaman sudah berubah, perubahan teknologi yang luar biasa cepatnya membuat gaya hidup berubah artinya kehidupan sangat bergantung pada gadget dan perubahan zaman bisa jadi memberikan dampak positif  dan negatif bagi masyarakat terutama Generasi  Milenial yang memegang peran penting dimasa yang akan datang maka kami merasa penting memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait perkembangan zaman khususnya penggunaan teknologi agar terhindar dari dampak buruk,”Jelasnya. 

Kemudian, berkaitan dengan kesehatan mental melihat realita yang ada di lapangan yaitu kasus bunuh diri di Gorontalo mencapai 25 kasus maka disinilah FAI menyadari sebagai Fakultas Agama dan  dakwah merasa memiliki peran untuk masyarakat. 

“Dengan memberikan pengetahuan melalui seminar ini kepada ibu-ibu, sebagai Madrasatul Ula sebagai guru di Rumah untuk anak-anaknya dalam mencegah terjadinya sakit mental yang berakibat ke hal-hal yang tidak diharapkan. Dengan pertemuan ini sebagai recharge iman untuk kita semua untuk kembali ke nilai-nilai dan petunjuk yang ada di Al Qur’an dan hadis-hadis sebagai pedoman hidup, kami menawarkan solusi dalam seminar muslimah kali ini maka mari sama-sama kita mendengarkan materi yang dibawakan oleh 

Bapak Rulyjanto semoga ini akan memberikan manfaat bagi kita semua,” Harapnya. 

Terakhir, Rektor UMGO yang diwakili oleh Wakil Rektor I UMGO, Prof. Moon Hidayati Otoluwa mengapresiasi kegiatan yang diinsiasi oleh FAI dalam rangka milad FAI UMGO dan juga menghadapi Hari Ibu yang akan jatuh pada 22 desember mendatang. 

“Maka tema yang diangkat ini sangat tepat, adapu  yang menjadi tren pembicaraan saat ini adalah Kesehatan Mental karena banyak orang yang mulai tidak sehat mentalnya, mereka lupa bahwa untuk hidup menuju akhirat sehingga sering melupakan pentingnya menjaga ibadah dan menjauhi larangan Allah SWT khususnya kerap terjadi pada Generasi Milenial maka disini peran orang tua khususnya Ibu sangat diperlukan maka para Ibu perlu dibekali dengan kegiatan seperti ini,” Pungkasnya 

Lanjut Prof Moon, ia mengucapkan terima ksih kepada Dekan dan civitas akademika FAI UMGO yang telah memprakasai kegiatan ini karena ini adalah Fakultas baru dan sedang memperkenalkan dirinya kepada masyarakat. 

“Maka sosialisasinya tidak hanya kepada calon mahasiswa tetapi kepada orang tua khususnya ibu-ibu yang hadir saat ini untuk tidak salah memilih Universitas, Fakultas hingga prodi. Sesuai dengan motto UMGO untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki ilmu tinggi tetapi iman yang kuat dan akhlak yang baik ditambah dengan soft skill yang hebat bagi mahasiswa di tambah lagi dengan adanga program berasrama bagi mahasiswa untuk membentuk karakter anak-anak kita yang baik. Semoga kita semua yang mendengarkan ini memperoleh berkah dan tau bagaimana membentuk anak-anak atau cucu kita dengan karakter dan mental yang sehat khususnya mendalami ilmu agama. Selamat milad FAI semoga akan menjadi Fakultas yang jaya di UMGO, penerang dan pencerah bagi Milenial kita,” Tutupnya. 

Kegiatan yang disponsori oleh, DK mart, Yanah Fashion, Anisa, Q-Mas M, Toko Pink dan Rumah Makan Sakinah dihadiri oleh, Wakil Rektor I, Prof. Moon Hidayati Otoluwa, Wakil Rektor II, Dr. Salahudin Pakaya,Wakil Rektor III, Dr. Apris Ara Tilome, Ketua BPH UMGO, Drs. Yusnan J. Ekie, Kepala Biro Keuangan, Sumber Daya, Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Ramla Alkatiri,SE,M.Si., Dekan FAI, Dr. Irmawati Duko beserta jajaran FAI, beserta civitas akademika FAI, para Dekan UMGO dan Ibu-ibu Muslimah dari berbagai Majelis Taklim serta para tamu undangan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com