Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Select Language

KAMPUS PENCERAHAN – Ratusan lulusan profesi ners, bidan dan keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM-Go) tahun akademik 2018-2019 menjalani pengambilan sumpah dan janji yang dilangsungkan di Grand Sumber Ria, Sabtu kemarin (27/4/2019).

Prosesi pengambilan sumpah ners dan bidan serta janji sarjana keperawatan yang kesepuluh (10) ini disaksikan langsung Rektor UM-Go dr. Muhammad Isman Jusuf, jajaran Wakil Rektor dan Pimpinan Fakultas di lingkungan UM-Go dan lingkup FIKES.

“Alhamdulillah, kegiatan ini kami laksanakan sudah kesepuluh kalinya, dimana setiap tahun pengambilan sumpah ners dan bidan serta janji sarjana keperawatan ini dilaksanakan 2 kali,” ungkap Wakil Dekan FIKES, Pipin Yunus.

Pengambilan sumpah lewat ikrar profesi, kata Dekan FIKES merupakan komitmen dan legalitas untuk melakoni praktik profesi di masyarakat. Setelah melakukan prosesi sumpah profesi ners, bidan dan keperawatan, alumni FIKES UM-Go telah memiliki legalitas untuk melakukan praktik baik di bidang kesehatan.

Adapun jumlah lulusan tahun ini, untuk program studi (Prodi) Keperawatan sebanyak 107 orang yang terdiri dari program A dan B (Instansi Rumah Sakit dan Puskesmas), prodi profesi ners sebanyak 45 orang yang terdiri dari ners A dan B (Instansi Rumah Sakit dan Puskesmas), dan prodi DIV Kebidanan sebanyak 39 orang. “Jadi ada 191 lulusan FIKES untuk tahun ini, hingga total lulusan kami sejauh ini telah berjumlah 1.197 alumni,” terang Pipin Yunus.

Pada kesempatan itu, Rektor UM-Go dr. Muhammad Isman mengatakan, alumni FIKES UM-Go yang terdiri atas profesi ners, bidan dan keperawatan berpotensi untuk menjadi tenaga medis yang menegakkan nilai-nilai keislaman dalam melakukan pratik. “Iya, konsep spiritual di dunia keperawatan dan bidan menjadi bekal mereka untuk pengabdian kepada profesi,” tuturnya.

Rektor juga menambahkan, bahwa ada tiga kunci mengahadapi tantangan di dunia medis. Yakni, kemampuan personal, penguasaan teknologi dan kemampuan berfikir kritis. “Pada hakikatnya, alumni FIKES UM-Go sangat memiliki peluang untuk melakukan praktik baik di bidang kesehatan dengan nilai spiritualis yang tinggi,” tandasnya.

Dalam kegiatan, pihak kampus UM-Go turut mengundang stekholder terkait, seperti rumah sakit, puskesmas, Dinas Kesehatan dan para preseptor Klinik.

Close Menu