Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Select Language

KAMPUS PENCERAHAN – Rektor UM Gorontalo Dr. dr. H. Muhammad Isman Jusuf, Sp.S diundang menjadi salah seorang narasumber LKMM tingkat lanjut nasional di UM Jember. materi yang disampaikan adalah permasalahan, kemajuan, tantangan dan prospek bidang kesehatan Indonesia di era revolusi industri 4.0.

Dalam paparannya rektor UM Go menjelaskan bahwa revolusi industri telah menciptakan sejumlah teknologi digital di sektor kesehatan yaitu teknologi yang membantu mengambil keputusan lewat artifisial teknologi, teknologi untuk membantu pelayanan lewat big data analisis dan teknologi untuk pengobatan lewat telemedicine. semua kemajuan teknologi ini akan berdampak pada berkurangnya kebutuhan terhadap sumber daya manusia.

Namun Rektor UM Go menyampaikan kepada mahasiswa bahwa mereka tidak perlu khawatir. Walaupun sekarang sudah bisa diciptakan kecerdasan buatan, namun tetap ada keterbatasan. Manusia terdiri atas bio-psiko-sosio-spiritual, sehingga pendekatan kepada pasien tetap mengedepankan empat aspek tersebut. teknologi kesehatan saat ini baru memanfaatkan pendekatan biologis. olehnya rektor UM Go memotivasi mahasiswa sebagai agent of change agar mengikuti kepemimpinan nabi muhammad yang berlandaskan kecerdasan prophetik yaitu tidak hanya mengandalkan fathonah (kecerdasan intelektual), tetapi juga Siddiq (kecerdasan spiritual), amanah (kecerdasan emosional) dan tabligh (kecerdasan sosial).

Jika Jepang sudah memperkenalkan revolusi sosial 5.0, maka Rektor UM Go menyampaikan sudah saatnya Indonesia mengembangkan revolusi prophetic 6.0 yaitu revolusi yang berbasis 4 kepemimpinan nabi dibingkai 6 rukun iman. Insya allah hal ini akan berdampak pada kemaslahatan manusia tidak hanya di dunia tetapi berdimensi akherat.

Close Menu