Select Language

KAMPUS PENCERAHAN – Dengan adanya pendampingan dan percepatan akreditas jurnal elektronik (e-Journal) yang dilaksanakan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) ke berbagai daerah, maka kendala para pengelola jurnal baru yang bingung mengenai cara setup OJS, mendaftar ISSN online hingga proses penerbitan artikel, perlahan mulai teratasi. Hal ini juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas jurnal ilmiah di Indonesia.

Untuk wilayah Sulawesi, Gorontalo menjadi kota penutup penyelenggaraan Workshop Asistensi Akreditasi tahun ini. Dimana Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM-Go) menjadi host untuk acara kali ini, didukung oleh Kemenristekdikti dan Relawan Jurnal Indonesia, di Hotel Damhil Kota Gorontalo.
Kegiatan dibuka langsung oleh Rektor UM-Go, Dr. dr. Muhammad Isman Jusuf dan ditutup oleh Wakil Rektor I, Bidang Akademik, Prof. Moon Hidayati Otoluwa, Jum’at sore kemarin (12/7/2019).

Pada penutupan, Prof. Moon mengucapakan terima kasih kepada asesor dan kemenristekdikti karena telah memilih UM-Go sebagai tuan rumah pelaksanaan workshop pendampingan dan percepatan akreditas jurnal elektronik (e-Journal) untuk seluruh Indonesia. “Terima kasih banyak kepada para asesor. Kami sangat bersyukur karana mendapat penghargaan sebagai tuan rumah,” ungkapnya.

Prof. Moon juga mengapresiasi para peserta yang sangat tekun melaksanakan pendampingan selama tiga (3) hari. “Saya katakan pekerjaan ini adalah tugas mulia. Karena ditangan kalianlah nasib para dosen. Baik itu persyaratan kenaikan pangkat dan lain sebagainya,” tukasnya.

Sekali lagi, Prof. Moon, memberikan apresiasi kepada para peserta dan para asesor yang mau berbagi ilmu untuk meningkatkan kualitas jurnal karya anak bangsa. “Sekiranya ada jurnal yang dinilai kurang, sebaiknya segera diperbaiki. Jika tidak, jurnal ini nantinya tidak bisa digunakan. Dan bagi mereka yang sudah terakreditas, kiranya agar segera diupload jurnalnya ke arjuna,” terangnya.

Setelah Gorontalo, masih ada dua (2) kegiatan lagi yang rencananya akan digelar di ujung Timur Indonesia, yaitu di Ternate dan Sorong, Papua Barat.

Close Menu