Select Language

KAMPUS PENCERAHAN – Jum’at kemarin (20/9/2019), Rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM-Go), Dr. dr. Muhammad Isman Jusuf meresmikan Taman Pengajian Al-Qur’an (TPQ) Yusuf Polapa, UM-Go. Pendirian TPQ ini merupakan inisiasi mahasiswa kuliah kerja dakwah (KKD) angkatan ke 14.

Sebagai pimpinan kampus, tentunya Rektor merasa senang atas kemajuan yang luar biasa dari program yang diciptakan mahasiswa KKD. “Atas nama pimpinan UM-Go saya ucapkan terima kasih kepada para peserta KKD angkatan ke 14 yang telah menginisiasi pendirian TPQ Yusuf Polapa, UM-Go,” ungkap Rektor.

“Saya sangat senang, sebab ditempat lain untuk pembentukan TPQ diresmikan dulu gedungnya baru cari santrinya. Di kita berbeda, santrinya sudah ada kemudian diresmikan gedungnya. Ini kemajuan yang luar biasa. Inilah yang disebut dakwah amal ma’ruf nahi munkar yang berkemajuan,” terang Rektor.

Sebenarnya, tambah Rektor, TPQ di kampus UM-Go sudah pernah didirikan. Namun seiring waktu berjalan, TPQ ini tidak dapat lagi berjalan dengan baik.
“Mudah-mudahan kali ini akan terorganisir dengan baik, sehingga tidak hanya berhenti di peresmian,” tambahnya.

Setelah mahasiswa KKD ini selesai bulan Oktober nanti, TPQ ini akan diserah terimakan kepada Ma’had Husain Bin Ali. “Para dosen dari Ma’had siap menghendel TPQ ini sampai bisa menghasilkan lulusan yang benar-benar mahir baca tulis Al-Qur’an,” tukasnya.

Sebagian besar para santri TPQ Yusuf Polapa berasal dari lingkungan sekitar UM-Go. Hal ini bagi Rektor menjadi potensi sebagai promosi tentang keberadaan kampus, dimana UM-Go tidak hanya hadir untuk mahasiswa tapi juga bermanfaat untuk masyarakat sekitarnya.

“Terima kasih kepada donatur yang telah memberikan bantuan berupa Iqra, Al-Qur’an mapun sejumlah peralatan-peralatan terkait dengan TPQ. Kepada mahasiwa KKD angkatan 14, mudah-mudahan ini menjadi berkah. Selama TPQ ini berjalan, selama itu pula pahala akan berjalan kepada anda sekalian,” kata Rektor.

Kedepan program seperti ini akan terus dikembangkan, salah satunya pendirian tempat penitipan anak (TPA). “Kita berharap TPA ini menjadi cikal bakal pembukaan prodi Paud. Ini mungkin PR untuk KKD angkatan selanjutnya. Sehingga akan terus menghidupkan amal usaha Muhammadiyah lewat kegiatan dakwah dan kegiatan sosial yang bermanfaat untuk masyarakat sekiar.

Close Menu