Select Language

KAMPUS PENCERAHAN – Sebanyak 14 perguruan tinggi swasta (PTS) di provinsi Gorontalo hadir dalam pembinaan kenaikan jabatan fungsional (Jafung) dosen oleh Direktur Karier dan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.A, M.Pd, di Gedung Haryono Suyono, LPPM, Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM-Go).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor UM-Go, Dr. dr. Muhammad Isman Jusuf. Dalam sambutannya, rektor menjelaskan bahwa masalah SDM sangat penting untuk dikembangkan, karena merupakan salah satu aset yang menentukan jaminan mutu dari sebuah perguruan tinggi.

“Kami dari pimpinan PTS mempunyai komitmen yang tinggi untuk bagaimana meningkatkan kualifikasi dan kompetensi para dosen, mulai dari asisten ahli ke lektor, lektor ke lektor kepala dan guru besar,” ungkapnya.

Betapa tidak, dari seluruh dosen PTS di provinsi Gorontalo, kata rektor, baru satu dosen saja yang punya kualifikasi jabatan fungsional sebagai guru besar, sisanya lektor kepala, lektor dan sebagian besar berada pada asisten ahli dan tenaga pengajar. Bagi rektor, hal ini akan sangat memperngaruhi dua (2) hal, yakni akreditasi dan status lembaga penelitian.

Seperti diketahui, bahwa saat ini untuk meningkatkan akreditasi unggul, sangat ditentukan oleh SDM yang berkualifikasi lektor kepala dan guru besar. Begitupun dengan peningkatan status lembaga penelitian, dimana skim-skim penelitian akan sanga bergantung pada kualifikasi daripada dosen-dosen. Seperti kelas Madya dan Utama yang akan lebih banyak membutuhkan dosen-dosen yang berkualifikasi lektor dan lektor kepala.

“Inilah yang terus kami dorong, dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat lewat tri dharma perguruan tinggi. Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi dan kualifikasi jafung para dosen PTS yang ada di provinsi Gorontalo,” pungkas rektor.

Close Menu