Select Language

KAMPUS PENCERAHAN – Dari sekian banyak proyek Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang ada di provinsi Gorontalo, satu-satunya proyek yang diresmikan presiden secara langsung hanyalah rumah susun sewa (Rusunawa) milik Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM-Go). Hal inilah yang menjadi dasar Kementerian PUPR memusatkan kegiatan Hari Habitat Dunia (HHD) dan Hari Kota Dunia (HKD) provinsi Gorontalo di rusunawa UM-Go.

“Ini suatu kebanggaan bagi kami, karena menjadi mitra strategis daripada KemenPUPR. Karena ini adalah satu-satunya proyek KemenPUPR yang diresmikan presiden langsung di Gorontalo, maka kami bersyukur jika pelaksanaan kegiatan HHD dan HKD provinsi Gorontalo dipusatkan di rusunawa UM-Go,” ungkap Rektor UM-Go, Dr. dr. Muhammad Isman Jusuf dalam sambutannya, Minggu kemarin (27/10/2019).

Tema yang diangkat pada kegiatan HHD dan HKD ini adalah “clean up day” atau hari bersih-bersih. Menurut rektor, tema ini diangkat dalam rangka
memotivasi, merangsang seluruh pihak untuk peduli terhadap fasilitas perumahan. “HHD dan HKD ini dicanangkan setiap tanggal 26 Oktober oleh PBB dalam rangka untuk menggugah kesadaran warga dunia tentang pentingnya perumahan sebagai salah satu hak dasar manusia,” terangnya.

Bagi PBB, lanjut rektor, perumahan telah menjadi hak dasar manusia yang harus dipenuhi semua pemangku kepentingan. Hebatnya di Gorontalo, hak dasar ini telah menjadi marwah dalam sebuah keluarga. “Sudah menjadi tradisi ataupun budaya di Gorontalo, bahwa orang nikah itu harus punya rumah dulu. Tak heran jika sebagian besar status rumah di Gorontalo adalah milik pribadi, karena memang ada semacam budaya di Gorontalo, dimana marwah dari sebuah keluarga itu ditentukan dari rumah,” tambah rektor.

Dirinya berharap, agar kegiatan ini tidak sekali dilaksanakan saja, tapi berkesinambungan. “Kami sudah bicarakan dengan pihak pengelola rusunawa, bahwa setiap saat akan ada kegiatan bersih-bersih yang melibatkan seluruh penghuni dan masyarakat sekitar. Termasuk keliling ke desa-desa yang lain. Jika hari ini UM-Go bersama dengan desa Pentadio Timur, mungkin bulan depan akan pindah ke desa Pentadio Barat dan seterusnya,” pungkasnya.

Close Menu