Select Language

KAMPUS PENCERAHAN – Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM-Go) saat ini menjadi kampus pertama di provinsi Gorontalo yang memiliki Pojok Pemilu. Pojok Pemilu ataupun Rumah Pintar Pemilu ini diresmikan langsung oleh Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi, Sabtu kemarin (2/11), bersama Rektor UM-Go, Dr. dr. Muhammad Isman Jusuf.

Bagi rektor, hal ini menjadi langkah awal UM-Go dalam membina hubungan baik dengan KPU, baik pusat maupun kabupaten/kota. “Sebagai langkah awal membina hubungan baik dengan KPU, hari ini (kemarin_red) sudah diresmikan pojok pemilu. Pojok pemilu ini menjadi yang pertama berada di perguruan tinggi di provinsi Gorontalo,” ungkap rektor saat memberikan sambutan.

Olehnya, rektor mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan KPU kepada UM-Go. Dia berharap, kolaborasi UM-Go dan KPU akan lebih luas lagi, diluar kolaborasi tri dharma perguruan tinggi. “Kami berharap kedepan akan ada kolaborasi yang lebih konkrit lagi antara KPU dengan UM-Go. Minimal terkait dengan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” terang rektor.

Mengenai pendidikan dan pengajaran, rektor berharap akan ada mata kuliah di UM-Go yang kontennya membahas tentang pemilihan umum (Pemilu). Hal ini penting untuk membina mahasiswa, agar memiliki kompetensi lebih tentang pelaksanaan praktek pemilu yang baik dan benar, untuk menghasilakan produk yang berintegritas.

Untuk penelitian, rektor menginginkan ada join riset antara KPU dan UM-Go khusus tentang kepemiluan. Sementara terkait pengabdian kepada masyarakat, kata rektor, sejauh ini sejumlah organisasi mahasiswa (Ormawa) telah banyak terlibat dalam tim pemantau pemilu independen bersama Bawaslu. “Kami berharap akan lebih banyak lagi peluang bagi dosen dan mahasiswa terkait kerjasama ini,” pungkasnya.

Close Menu