logo-1.png
Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Select Language

KAMPUS PENCERAHAN – Setelah melepas mahasiswa program studi (Prodi) Akuntansi untuk magang ke sejumlah instansi di Gorontalo, Rabu kemarin (15/1/2020), Rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM-Go), Dr. dr. Muhammad Isman Jusuf kembali melepas secara resmi 28 mahasiswa prodi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (FEIS).

Sesuai informasi, sejumlah mahasiswa ini akan melaksanakan studi lapangan di sejumlah perusahaan yang ada di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Selain itu para mahasiswa ini juga akan melaksanakan silaturahmi ke Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) dan mengikuti kuliah pakar dari Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Unismuh.

Dalam sambutannya, rektor menjelaskan, bahwa kegiatan studi lapangan merupakan salah satu model pembelajaran bagi mahasiswa dalam memahami konsep dan teori yang sudah diajarkan lewat tatap muka di kelas. Melalui studi lapangan, lanjutnya, mahasiswa langsung melihat aplikasi dari teori yang mereka pelajari dalam kegiatan yang real, sehingga pemahaman dan penguasaan mahasiswa terhadap suatu mata kuliah menjadi lebih baik.

“Jadi seluruh mahasiswa FEIS akan melaksanakan magang atau studi lapangan dalam rangka untuk memperkuat keilmuan. Jadi anda diajarkan teori dibangku kuliah, diharapkan pada saat magang bisa melihat langsung apa yang diajarkan di dalam kelas. Ini merupakan bagian dari upaya memperkaya wawasan mahasiswa, bagaimana aplikasi daripada ilmu yang telah diperoleh dibangku kuliah,” terang rektor.

Rektor mengharapkan mahasiswa prodi Ekonomi Pembangunan memanfaatkan kesempatan studi lapangan ini untuk menambah wawasan, memperkaya keilmuan dan meningkatkan kompetensi sebagai seorang sarjana yang akan mengabdikan ilmunya bagi kemaslahatan masyarakat.

Ia juga berpesan agar selama di luar daerah, mahasiswa senantiasa menjaga stamina dan kesehatan selama studi lapangan serta menjaga nama baik almamater kampus UM-Go. “Karena ini studi lapangan ke luar daerah, kami titip pesan untuk menjaga nama baik kampus. Gunakan uniform kampus, baik itu almamater dan sebagainya. Sehingga kalau ketemu dimana-mana bisa dikenal ini mahasiswa dari Gorontalo,” tukasnya.

“Ikuti kegiatan dengan baik, berkoordinasi dengan pimpinan, dosen pembimbing termasuk juga pihak Unismuh. Saya harap teman-teman semua bisa berkoordinasi dengan baik, dalam rangka untuk memperoleh tujuan dari studi lapangan, sesuai apa yang diharapkan kurikulum ekonomi pembangunan,” pungkasnya.

Close Menu