logo-1.png
Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Select Language

KAMPUS PENCERAHAN – Kunjungan Putra Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Rabu kemarin (5/2/2020), menambah daftar sejarah kampus atas kunjungan para tokoh elit bangsa. Iya, Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM-Go) saat ini telah menjadi satu-satunya kampus di provinsi Gorontalo yang paling banyak dikunjungi tokoh elit bangsa. Mulai dari pengusaha, unsur pemerintah pusat, hingga orang nomor satu Indonesia (Presiden RI).

Rabu kemarin, giliran Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute, H. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), M.Sc, MPA, MA yang datang berkunjung ke kampus yang baru berumur 11 tahun ini. Di UM-Go, AHY datang memberikan kuliah umum dengan tema “Membangun Keterampilan Abad 21, Mewujudkan Indonesia Emas 2045”.

“Saya merasa senang dan bersyukur bisa menginjakan kaki di Gorontalo. Sudah lama saya merencanakan dan merindukan untuk bisa menyapa sahabat dan masyarakat yang ada di Gorontalo ini. Dan kemarin sudah berkegiatan dengan baik, termasuk mencicipi kuliner khas Gorontalo,” ungkap AHY.

Baginya, berbicara dipodium UM-Go menjadi satu kehormatan besar yang dihadiri ribuan mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi swasta (PTS) lainnya. “Satu kehormatan saya bisa berbicara dan menyampaikan kuliah umum di UM-Go. Saya sangat bersemangat bisa menyapa secara langsung ribuan lebih mahasiswa yang tidak hanya berasal dari UM-Go, tapi dari berbagai PTS lainnya yang ada di Gorontalo ini,” terangnya.

Dalam paparannya, AHY banyak menyampaikan mengenai upaya untuk membangun keterampilan abad ke 21 dalam rangka mewujudkan Indonesia emas 2045. Generasi muda Gorontalo harus menjadi generasi adaptif, pandai melihat peluang dan siap menghadapi tantangan. Sebab abad 21 hadir dengan segala kemajuan, teknologi, informasi dan komunikasinya.

“Kalau kita tidak siap, gagal, kita akan menjadi budak teknologi. Tapi kalau kita terampil, kita adaptif, responsif terhadap perubahan zaman, insya Allah kita akan menjadi bangsa unggul, bangsa pemenang di abad 21 ini,” tambah AHY.

Indonesia, lanjut dia, punya segala potensi. Sehingga harus didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang unggul. “Mudah mudahan, dengan SDM yang baik dan unggul, kapasitas Indonesia benar-benar bisa maju, mendunia, mengemas di abad 21 ini. Utamanya di tahun 2045,” tukasnya.

Diakhir penyampaiannya, AHY mengucapkan selamat kepada UM-Go atas capaian prestasi yang telah diraih selama ini. “Teruslah menjadi lembaga pendidikan tinggi yang berkualitas, untuk mencetak kader-kader masa depan bangsa yang unggul, memiliki kapasitas dan integritas. Insya Allah, UM-Go dapat mempersiapkan generasi unggul bangsa, mewujudkan Indonesia emas 2045,” pungkasnya.

Close Menu