Kuasai BTCLS Jadi Syarat Lulusan Profesi Ners UMGO

Profesi sebagai Perawat selain menuntut fokus, juga tentunya harus dibarengi dengan kecakapan lain yang berkaitan. Sebagai salah satu profesi yang berurusan langsung dengan nyawa manusia, penguasaan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS), menjadi syarat kelulusan Profesi Ners Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGo), Hal ini disampaikan Dekan FIKES Ns. Abdul Wahab Pakaya S.Kep., M.Kep dalam sambutannya pada kegiatan pelatihan BTCLS di UMGO, (14/03/2022).

Disampaikan oleh Abdul Wahad, BTCLS merupakan kompetensi wajib yang harus dimiliki oleh Alumni Profesi Ners UMGO.

“Betul-betul kita mengeluarkan lulusan bukan karena melihat seratus persen kelulusan tapi betul-betul lulusan yang mengamalkan empat dharma perguruan tinggi” ujar Abdul Wahid.

Senada dengan Dekan FIKES, Rektor UMGO, Prof. Dr. H. Abd Kadim Masaong, M.Pd. saat didaulat untuk memberi sambutan dan membuka Kegiatan BTCLS tersebut, dihadapan seluruh peserta menitip pesan agar menyelaraskan pengabdian dan keimanan.

“Harapannya outputnya nanti akan memiliki Knowledge (Pengetahuan), Softskill (Keterampilan), dan Atittude (Etika),nah ini yang kita jadikan tagline UMGo yaitu Iman, ilmu, akhlak dan softskill”. tutur Rektor UMGO itu.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Ketua Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (HIPGABI) Ns.H.Arifin R.Umar,S.Kep,M.Kep mengungkapkan, kompetensi BTCLS ini merupakan sebuah keharusan yang harus dimiliki oleh tenaga perawat.

Mewakili Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Sekretaris PPNI Mewakili Ketua PPNI Prov.Gorontalo Ns.Gusti Pandi Liputo,S.Kep,.M.Kep., menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh Jurusan Profesi Ners Fikes UMGO ini. “Harapannya teman-teman ketika nanti melamar sebagai perawat, sudah tahu penempatan dan tugasnya seperti apa”. tukas Pandi.

Kegiatan ini sendiri berlangsung selama empat hari dan merupakan kegiatan yang bersifat wajib bagi Mahasiswa Profesi Ners UMGO. (hms)

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com