Kampus Uggul dan Berkemajuan – Pengetahuan mahasiswa terhadap prospek pekerjaan di masa yang akan datang sangatlah penting, mahasiswa seharusnya lebih mengetahui ataupun memiliki gambaran terhadap apa dan bagaimana nanti ketika para mahasiswa telah menyandang sarjana.

Disisi lain, dengan mahasiswa tahu bagaiamana kerja di bidang perpajakan, diharapkan mahasiswa mampu memilih dan menentukan langkah apa yang akan diambil dan juga tujuan apa yang akan diambil saat menjejaki dunia pekerjaan.

Maka dari itu, untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman tentang seluk-beluk tentang apa saja yang ada di Kantor Pelayanan Pajak maupun Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak sebagai gambaran atau pijakan bagi mahasiswa agar tidak bimbang dalam menentukan masa depan setelah lulus nanti, program studi Administrasi Publik (AP) mengadakan kunjungan ke Kantor Pajak Pratama Provinsi Gorontalo yang terletak di Kota Gorontalo, pada Kamis (16/06/2022).

Dr. Nuzlan Botutihe, M.Si yang didampingi Umar Sako Baderan, SE, M.Si sebagai dosen pengampuh mata kuliah sekaligus pendamping mahasiswa mengatakan bahwa kunjungan mahasiswa kali ini sebagai praktek langsung mahasiswa dilapangan terkait mata kuliah administrasi perpajakan & keuangan.

“Jadi mahasiswa bisa mencari tahu secara langsung dari pihak petugas pajak tentang pengisian SPT dan amnesty pajak, yang sekarang ini disebut dengan PPS atau Program Pengungkapan Sukarela tahun 2022,”ungkapnya.

Antusias para mahasiswa dalam kunjungan ini nampak jelas, hal ini terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan mahasiswa ketika dibuka forum tanya jawab. Tak mau membuang kesempatan, 2 dosen pendamping pun mengajukan pertanyaan terkait persoalan yang dialami mereka tentang pajak.

“Inilah manfaat kita terjun langsung ke lapangan, selain kita bisa mendapatkan informasi yang sebenarnya tentang kebijakan-kebijakan baru pajak, kita juga bisa menyampaikan persoalan dilapangan yang kita alami sehingga jalan keluar dari masalah tersebut dapat kita tempuh dan bahkan kita bisa membantu pemerintah dalam hal ini petugas pajak untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat jika mereka mendapatlan masalah tentang pajak,”tambahnya.

Rombongan AP UMGO ini diterima langsung oleh Ahmad Syahroni, S.E., M.IDS., sebagai Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Gorontalo dimana ia menyatakan sangat bersyukur dan berterima kasih pada UMGO atas antusiasnya belajar tentang pajak dan memilih KPP Gorontalo sebagai salah satu tempat untuk memperdalam ilmu.

“Semoga kerjasama ini tetap berjalan beriringan demi mencerdaskan kehidupan bangsa dan mencapai Indonesia Maju,”harapnya.

Para peserta juga disuguhkan materi oleh Ayu Boneta Nababan, A. Md. Pjk selaku Penyuluh Pajak KPP Pratama Gorontalo.

Close Menu