Laksanakan Magang, Mahasiswa Hukum UMGO Siap Terjun di LBH Gorontalo

Penanda tanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antar prodi Ilmu Hukum dan LBH Advis Masyarakat Gorontalo

Kampus Unggul dan Berkemajuan – Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Magang Mahasiswa Semester 7 Program Studi (prodi) Ilmu Hukum Fakultas Ilmu Sosial (FIS), mengadakan pembekalan kepada mahasiswa peserta magang, pada Kamis (13/10/2022) bertempat di Aula Lantai III Rektorat.

Ketua Program Studi (Kaprodi) Ilmu Hukum, Ismet M.H., menjelaskan bahwa pembekalan yang diikuti oleh 15 orang peserta yang terdiri dari kelas reguler dan non reguler
ini, penting bagi mahasiswa yang akan mengikuti magang. Karena akan diberi materi secara umum mengenai sistem kerja serta tugas dan fungsi pada bgian dari instansi yang sudah bersedia menerima mahasiswa magang.

“Untuk lokasi pelaksanaan magang kali ini akan diterjunkan langsung ke lapangan, tepatnya di Pengadilan dan untuk prakteknya di Lembaga Bantuan Hukum
(LBH) karena LBH paling banyak menerima perkara-perkara beracara baik di pengadilan dan luar pengadilan. Kami mengambil mitra LBH karena kita memerlukan output yang jelas dalam penyelenggaraan program magang,” jelasnya.

Dalam kegiatan itu juga dirangkaikan dengan penanda tanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antar prodi Ilmu Hukum dan LBH Advis Masyarakat Gorontalo.

Kemudian, Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Dr. Muh. Firyal Akbar menyampaikan rasa syukur atas diselenggarakannya program magang yang pertama kalinya oleh prodi ilmu hukum, untuk FIS sendiri implementasi program magang yang dikolaborasikan dengan program MBKM sudah dilaksanakan sebanyak dua kali, yang dimulai dari prodi akuntansi.

“Untuk pertama kalinya prodi hukum melaksanakan magang ini yang tentunya sudah sesuai dengan kebijakan pemerintah mengenai MBKM dan sesuai arahan Rektor.
Selamat atas pelaksanaan MBKM perdana semoga bisa berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang nyata,” ucapnya.

Kemudian, Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan, Dr. Apris Ara Tilome saat memberikan sambutannya menyampaikan, saat ini sudah banyak kegiatan-kegiatan terkait program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yaitu Meredeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM).

“Rata-rata perguruan tinggi itu belajarnya, magangnya, Kuliah Kerja Nyata , Pengenalan Lapangan Persekolahan dan lainnya, selalu berorientasi ke MBKM karena memang program kementerian. Ada beberapa hal yang perlu kami sampaikan,  terutama sayang menekankan kepada mahasiswa peserta magang harus disiplin khususnya dalam jam masuk kerja juga jam pulang kalian orang hukum tentunya memiliki kedisiplinan yang tinggi,” tegasnya.

Sambutan Wakil Rektor III, Dr. Apris Ara Tilome.

Terakhir, WR III berharap mahasiswa dapat menjaga nama baik kampus,  menjaga tata krama dan sopan santun, harus beradaptasi juga perlu melihat lingkungan di tempat kerja seperti apa dan harus membangun kerjasama yang baik dengan pegawai kantor.

“Jangan sampai kalian disana membuat rekan kerja tidak nyaman karena tugas kalian adalah membantu pekerjaan mereka, meringankan pekerjaan-pekerjaan yang ada jadi jangan menjadi beban,” tutupnya.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com