Foto bersama WR III, Dekan FSIK, Kaprodi SI, dan pengurus Permikomnas dan tamu undangan.

Kampus unggul dan berkemajuan – Guna memberikan wadah bagi mahasiswa untuk  berkompetisi dan menyalurkan minat dan bakatnya di bidang Robotik, Perhimpunan Mahasiswa Informatika dan Komputer Nasional (Permikomnas) Wilayah X Daerah Gorontalo, mengadakan Event Robotic  tingkat Provinsi Gorontalo.

Adapun yang menjadi tuan rumah dalam event ini adalah Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) tepatnya Jurusan Informatika Fakultas Sains dan Ilmu Komputer yang terdiri dari dua himpunan yaitu, Himpunan Program Studi (HMPS) Sistem Informasi (SI) dan HMPS Ilmu Komputer (Ilkom). Untuk kegiatan pembukaan dilaksanakan padak Kamis (3/11/2022) di Gedung LP2M UMGO.

Tujuan dari lomba Robotika dikatakan Ramma Glorio Tombuku selaku Ketua Umum Permikomnas Republik Indonesia (RI), untuk menumbuh kembangkan dan meningkatkan kreativitas peserta, mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi ke dalam dunia nyata, melatih kekompakan tim, percaya diri serta menambah relasi dengan tim lainya.

“Saat ini kita menghadapi era digitalisasi revolusi industri 5.0 , meskipun di Indonesia  belum semaksimal dengan negara  lain melalui inovasi-inovasi yang ditonjolkan tetapi bukan berarti kita sebagai mahasiswa IT terus berdiam diri, hari ini kawan-kawan saya telah mencanangkan event robotika event ini menjadi salah satu kunci ataupun salah satu jawaban dalam memasuki era 5.0,” jelasnya.

IkkompijpIa juga mengaku pada event robotic Permikomnas Wilyah X daerah Gorontalo menjadi kunjungan perdananya setelah menjabat Ketua Permikomnas RI.

“Saya merupakan mahasiswa dari Universitas Manado, senang sekali hari p bisa kembali ke UMGO namun dengan posisi yang berbeda yaitu sebagai ketua umum Permikomnas Nasional dan ini merupakan kunjungan perdana saya setelah menjabat kurang lebih sebulan ini dan saya sangat mengapresiasi semangat teman-teman semua dalam menggelar event yang luar biasa ini semoga manfaatnya akan terasa kepada kita semua terutama untuk masyarakat terimakasih juga kepada civitas akademika UMGO telah mendukung kegiatan ini” tandasnya.

Pelaksanaan event robotic diawali dengan kegiatan Seminar Teknologi dengan Tema “Mengoptimalkan Kecerdasan Teknologi Yang Kreatif Pada Era Informasi Digital”, yang menjadi narasumber dalam kesemapatan ini adalah Ramma Glorio Tombuku selaku Ketua Umum Permikomnas Republik Indonesia (RI) dan Rengga Pranata Aradhea, S.Kom., Kepala Bidang Penyelenggara E-Goverment Kominfo Provinsi Gorontalo.

Dekan FSIK, Dr. Talha Dangkua mengharapkan kegiatan ini bukan sekedar event biasa, tetapi bisa menjadi solusi dan jawaban dari permasalahan yang dialami masyarakat yang berkaitan dengan kemajuan teknologi.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan bisa semakin solid teman-teman mahasiswa antar lintas prguruan yang tergabung dalam Permikomnas, kemudian bisa mendapatkan pengalaman dan menjadi ajang sharing ide, gagasan juga pengalaman sehingga event ini bisa lebih besar lagi kedepan. Terimakasih kepada panitia dan pengurus permikomnas sehingga acara ini bisa terlaksana,” ucapnya.

Kreativitas Mahasiswa Informatika UMGO yang bekerjasama dengan himpunan-himpunan lain yang tergabung dalam Permikomnas Wilayah X daerah Gorontalo untuk mengajak masyarakat melek teknologi melalui event Robotic ini, turut mendapatkan apresiasi dari Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan UMGO, Dr. Apris Ara Tilome.

“Kemajuan teknologi salah satunya adalah dunia robotik, dan di era digital teknologi seperti saat ini, mahasiswa seyogyanya sudah diperkenalkan sejak dini dengan teknologi begitpun dengan masyarakat harus banyak belajar tentang perkembangan teknologi,” ungkapnya.

Ia juga mengaku bangga dengan penyelenggaraan kompetisi robotic yang pertama di UMGO ini, yang tentunya ini menjadi prestasi dari pihak penyelenggara.

“Selamat datang di UMGO di kampus unggul dan berkemajuan, Insha Allah UMGO akan menjadi unggul dengan adanya event robotika, selaku WR III kami mengapresiasi kegiatan dan kami berharap melalui event ini ada inovasi-inovasi baru yang  bisa kita jadikan produk unggulan khususnya ada ciptaan mahasiswa UMGO yang bisa kita jual ke masyarakat,” harapnya.

Lanjutnya, apa yang digelar oleh mahasiswa Informatika ini selaras dengan program UMGO saat ini yang beralih dari sistem manual sekarang sudah beralih ke sistem digitalisasi.

“Kami berharap kegiatan-kegiatan positif ini bisa selalu dilakukan untuk perkembangan kampus, fakuktas juga prodi. Dan kami selaku pimpinan akan terus mendorong kegiatan-kegiatan mahasiswa,”tutupnya.

Turut hadir, Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan UMGO, Dr. Apris Ara Tilome, Koordinator Wilayah X, Muhamad Syahrul, Rengga Pranata Aradhea, S.Kom., Kepala Bidang Penyelenggara E-Goverment Kominfo Provinsi Gorontalo,Ketua Umum Permikomnas Republik Indonesia (RI),Ramma Glorio Tombuku, Koordinator Wilayah X Permikomnas daerah Gorontalo, beserta jajarannya, Himpunan-himpunan yang tergabung dalam Permikomnas Gorontalo.

Foto bersama WR III, Dekan FSIK, Ketua Permikomnas RI, beserta pengurus Permikomnas
Close Menu
×

Cart