Pendatangan MoU antar FSIK dan Dinas Pendidikan Gorut.

Kampus Unggul dan Berkemajuan –
Fakultas Sains dan Ilmu Komputer (FSIK) dan Program  Studi Sistem Informasi (Prodi-SI) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) teken kerjasama dengan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut).  Tujuan kerjasama ini menekankan pada pengembangan bidang pendidikan,  penelitian dan pengabdian kepada masyarakat atau implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Rektorat Lantai III UMGO pada Kamis (3/11/2022), yang dihadiri oleh Wakil Rektor II, Dr. Salahudin Pakaya, Wakil Rektor III, Dr. Apris Ara Tilome, Dekan FSIK, Dr. Talha Dangkua, Kaprodi Sistem Informasi (SI), Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Gorut, Irawan Abudi,M.Pd., beserta jajaran, dan mahasiswa UMGO kelas pendidikan  Gorut sebagai penerima bantuan studi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Gorut, Irwan Abudi Usman M.Pd.,  mengatakan, dengan adanya kerjasama ini UMGO dapat ikut berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Gorut.

“Insha Allah melalui kegiatan ini bisa menjadi berkah untuk kita semua, setidaknya kita memiliki prespektif yang sama tujuan kita adalah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), saya juga melihat upaya kerjasama yang terjalin ini adalah apresiasi positif dari UMGO bagaimana mensuport dan membantu kami pemerintah gorut untuk meningkatkan kualitas SDM Gorut,” ungkapnya.

Lanjutnya, sebagai Kepala Dinas Pendidikan ia berpikir tugas dari Dinas Pendidika  bukan semata membuat siswa cerdas ataupun bukan hanya menjadikan siswa TK, SD dan SMP lulus dari sekolah tetapi permasalahannya bagaimana kita tidak membangun SDM di Gorut.

“Untuk itu kami memilih UMGO untuk bermitra karena kami menilai UMGO luar biasa. Konsep pendidikan kami juga tidak hanya dalam lingkup Gorut tapi juga kita  menerima koloborasi semua disiplin ilmu dari mana saja, inilah yang kita koloborasi dan desain bagaimana SDM di Gorut meningkat dan UMGO adalah salah satu perguruan tingggi yang kami perhitungkan untuk melakukan kerjasama,” akuinya.

Terakhir, ia berharap bukan hanya satu prodi yang bisa dikerjasamakan dengan UMGO tapi kedepan bisa dari prodi-prodi lain khususnya prodi yang relefan dengan potensi yang ada di Gorut.

MoU ditandatangani langsung oleh Dekan FSIK, Dr. Talha Dangkua, Ketua Prodi SI, Wahyudin Hasyim, M.Kom., dan Kadis Pendidikan Gorut, Irawan Abudi Usman, M.Pd., didampingi oleh Wakil Rektor II, Dr. Salahudin Pakaya, Wakil Rektor III, Dr. Apris Ara Tilome.

Hal senada juga disampaikan Wakil Rektor II, Dr. Salahudin Pakaya, dalam sambutannya beliau meyakini bahwa kerja sama ini akan membawa dampak yang baik bagi kedua lembaga.

“Inti dari pembangunan kita sudah sepakat adalah SDM, SDM ini adalah modal untuk membuat kemajuan dalam satu daerah dan kami umgo adalah produsen SDM yang tentunya ingin berkontribusi sebesar – besarnya kepada pemerintah provinsi atau daerah ataupun kota. Kerjasama hari ini adalah satu apresiasi bagi kami dan kita dorong bagaimana kemampuan sdm Gorontalo Utara di era digital ini, saya yakin kalau Gorut dengan upaya kerjasmaa seperti ini bisa melambung semua provinsi, tapi hal ini merupakan kompotisi yang baik,”jelasnya.

Terakhir, ia mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Gorut yang telah bekerjama dengan UMGO khususnya FSIK dan Prodi SI.

“Harapannya kerja sama ini bisa terjalin dengan baik dan saling mendukung. Terima kasih kepada Bapak Kepala Dinas Pendidikan Gorut yang telah bersedia bekerja sama. Terima kasih kepada pihak yang telah memprakarsai kerja sama ini” tutupnya.

Foto bersama mahasiswa kelas pendidikan Gorut/kelas karyawan bersama Pimpinan UMGO, Dekan FSIK, Kaprodi SI dan Kepala Dinas Pendidikan Gorut.
Close Menu
×

Cart