Foto bersama tim monev UMGO dan mahasiswa PLP 2 di SD 15 Limboto Barat.

Kampus Unggul dan Berkemajuan –
Mahasiswa Praktik Pengenalan Lapangan
Persekolahan Prodi Pendidikan Guru Sskolah Dasar (PSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO), mengajak para siswa di SD 15 Limboto Barat melestarikan budaya Gorontalo.

Hal ini dibuktikan dari presentase  program Mata Kuliah (MK), pada pelaksanaan monev tingkat Universitas pada Senin (7/11/2022), salah satunya adalah sastra keenam  mahasiswa mengajarkan siswa drama, tari tidi Gorontalo, Paiya Lo Hungopoli bahkan output dari Paiya Lo Hungopoli sudah ditampilkan pada milad FKIP ke – 6 kemarin. Selain itu mereka juga menyusun model pembelajaran multimedia pada mata pelajaran antariksa, membuat RPP, melakukan asesmen dengan membuat gogle from dan format penilaian.

Pemaparan laporan kegiatan PLP 2 di SD 15 Limboto Barat oleh Koordinator.

Salah satu Guru SD 15 Limboto Barat yang mewakili kepala sekolah, Herlina. Rivai,.  M.Pd., saat memberikan sambutan mengatakan menjadi suatu kebanggaan baginya karena kampus UMGO telah memilih SD 15 Limboto Barat untuk mengembangkan skill mengajar para mahasiswa dalam rangka PLP 2, bahkan ada beberapa sekolah yang iri sekolah mereka tidak dikirimkan mahasiswa PLP 2. 

“Untuk kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, terimakasih kepada pimpinan UMGO, Dekan, Dosen-dosen PGSD atas kepercayaannya kepada kami untuk membina para mahasiswa dalam implementasi mengajar di sekolah dan  terimakasih juga kepada adik adik mahasiswa yang telah berusaha semaksimal mungkin dalam melakukan praktek mengahar,” ucapnya.

Ia juga berharap kepada mahasiswa PLP 2 yang telah mbawa begitu besar perubahan di SD 15 Limboto Barat ini, akan menjadi guru-guru teladan nantinya dan mampu membimbing siswa dengan baik.

“Guru itu punya basic dan pengetahuan yang terbatas, tetapi berbeda dengan kehadirann mahasiswa yang telah membawa warna luar biasa di sekolah ini terutama dalam kesenian untuk meningkatkan kecintaan siswa terhadap budaya gorontalo, sangat luar biasa. Saya berharap kalian akan menjadi guru teladan dan sukses kedepan,” harapnya.

Penyerahan piagam penghargaan oleh WR 1 UMGO kepada pihak sekolah SD 15 Limboto Barat.

Sementara itu, Wakil Rektor I bidang akademik, Prof. Moon Hidayati Otoluwa, berharap akan semakin banyak sekolah – sekolah yang bisa pihaknya datangi, dalam pelaksanaan PLP ini.

“Terimakasih atas keikhlasan bapak-ibu telah membimbing anak-anak kami, yang telah mengajarkan mahasiswa untuk bagaimana praktek di lapangan karena pasti beda antar di teori dengan di lapangan semoga apa yang mereka telah buat selama beberaoa bulan ini bisa bermanfaat bagi sekolah ini,” harap Prof Moon.

Kemudian, WR I mengaku bangga para mahasiswa telah bisa memperkenalkan dan melatih siswa tentang budaya Gorontalo salah satunya Paiya lo hungapoli, yang seperti kita ketahui beraama budaya-budaya seperti ini sudah semakin musnah karena ditelan oleh zama yang serba modern ini.

“Terimakasih karena kalian telah melestarikan budaya dan bahasa gorontalo yang sudah hampir penuh. Untuk itu adik-adik belajar itu seumur hidup maka jangan berhenti belajar dan jangan merasa puas dengan ilmu yang telah dimiliki karena pasti banyak yang lebih dari kita, terus intropeksi diri kalian terutama dalam mengajar dan terus belajar dari orang lain,” tutupnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor I, Prof. Moon Hidayati Otoluwa, Kepala Biro Umum dan Keuangan, Ramla Alkatiri, M.Si. , Kaprodi PGSD, Dosen-dosen PGSD dan Tim Humas UMGO. (Widi)

Close Menu
×

Cart