Perkenalkan Birokrasi di Lingkup Instansi, Prodi AP UMGO Laksanakan Studi Komparasi

Kampus Unggul dan Berkemajuan – Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO), Senin (05/12/2022) melaksanakan Studi Komparasi di beberapa instansi pemerintahan Kota Gorontalo. Kegiatan ini dimaksudkan untuk melakukan studi banding di kantor-kantor yang ada di di Kota Gorontalo untuk melihat pelayanan publiknya di Gorontalo seperti apa. Salah satu instansi yang dituju oleh AP UMGO adalah Kantor DPR-D Provinsi Gorontalo.

Studi Komparasi ini di ikuti oleh 23 Mahasiswa/I program Studi Administrasi Publik, yang dilepas langsung oleh Bapak Wakil Rektor III Dr. Apris Ara Tilome, S.Ag.,M.Si.

Dekan FIS, Dr. Muh. Firyal Akbar saat memberikan sambutan menjelaskan,
kegiatan hari ini ialah studi komparansi lanjutan, dimana ini adalah lanjutan dari studi komparansi yang telah pihaknya laksanakan beberapa bulan lalu di Kota Manado.

“Alhamdulillah kegiatan kemarin lancar dan kali ini giliran mahasiswa yang belum mengikuti kegiatan sebelumnya akan menjalani studi komporasi lanjutan. Harapan kami dari pimpinan fakultas kegiatan ini dapat berjalan lancar meskipun sampai malam hari, untuk agenda kali ini ada beberapa kantor pemerintahan yang akan kita datangi salah satunya kita mendapatkan kesempatan untuk mengikuti rapat paripurna di DPR-D Provinsi Gorontalo sekaligus bertepatan dengan Ulantahun Provinsi Gorontalo,” jelasnya.

Ia berharap, semoga melalui kegiatan in mahasiswa dapat memberikan kontribusi positif terkait pengembangan ilmu karena ini sebenarnya sudah anda dapatkan secara konsep teori di perkuliah dan ini kita akan melihat bagaimana prakteknya dibeberapa instansi yang akan kalian kunjungi, karena setelah ini kalian akan menyusun laporan terkait apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab di program mata kuliah masing-masing yang telah ditugaskan bapak/ibu dosennya.

“Hal ini menandakan kuliah di FIS tidak sekedar kuliah di kelas tetapi ada praktek di lapangan, sebagai informasi bulan ini juga kita akan memperingati milad FIS yang ke 2 makanya suasananya agak meriah karena perayaan milad FIS sampai akhir bulan nanti untuk itu terimakasih atas doa dan dukungan pimpinan UMGO kepada FIS untuk terus berkembang,” ucapnya.

Sementara itu, Dr. Apris Ara Tilome selaku Wakil Rektor III, saat melepas peserta studi komporasi mengatakan kegiatan ini tidak sekedar studi komporasi tetapi ada kaitannya dengan bidang ilmu prodi Administrasi Publik.

“Di prodi AP ada banyak hal yang perlu kita ketahui terutama dalam kebijakan-kebijakan birokrasi, e-goverment serta kebijakan atau perubahan di bidang sosial juga politik, hari ini kalian akan ke DPR-D untuk mengikuti rapat paripuna itu juga adalah bagaimana menata kebijakan-kebijakan publik di birokrasi, kami juga sangat berharap mudah-mudahan ini terakhir stuban di Gorontalo mungkin kedepan bisa kita adakan di Luar Negeri minimal ke Malaysia, Thailand atau Singapura,” tutupnya.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com