Mahasiswa Semester 1 & 3 UMGO Ikuti Kuliah Umum AIK

Kampus Unggul dan Berkemajuan – Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) melaksanakan kegiatan Kuliah
bagi mahasiswa semester 1 dan 3 yang berlangsung di Gedung Indoor David
Bobihoe Akib pada Jum’at (02/12/2022).

Agenda tersebut dihadiri oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Prof. Abd. Kadim Masaong selaku pemateri dalam kuliah umum, Wakil Rektor I, Prof. Moon Hidayati Otoluwa, Wakil Rektor II, Dr. salahudin Pakaya, Wakil Rektor III, Dr. Apris Ara Tilome, pemateri kedua, Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si., selaku Ketua Forum AIK PTMA dan Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Malang yang memberikan materi secara daring, civitas akademika UMGO dan mahasiswa.

Menurut Rektor UMGO, Profesor Abd. Kadim Masaong, AIK merupakan salah satu penanda atau ciri khas khusus dari perguruan tinggi muhammadiyah (PTM) di Indonesia sekaligus sebagai salah satu wahana pembentukan karakter akhlak mulia para mahasiswa. Mahasiswa PTM tidak hanya dituntut menguasai iptek atau menjadi profesional di bidangnya masing masing tetapi juga bisa melaksanakan ajaran agama yang dianutnya (Islam) secara baik. Dan nantinya akan menularkan kebaikan tersebut pada masyarakat.

“Tantangan mahasiswa saat ini semakin tinggi dan penuh dinamika sehingga mahasiswa dituntut harus lebih siap menghadapi segala situasi di era seperti sekarang ini” ujar Profesor Kadim.

Lanjutnya, untuk membentuk karakter mahasiswa UMGO beliau mengatualisasikan nilai-nilai AIK dalam program berasrama dimana mahasiswa baru akan mengikuti program ini selama 4 bulan dan akan dibina.

“Mereka akan kami tempa sesuai dengan tagline UMGO yaitu, Kuliah di UMGO Imannya Kuat, Ilmunya Tinggi, Akhlaknya Baik dan Soft Skillnya Hebat, kami berharap melalui program ini dapat melahirkan mahasiswa yang tidak hanya cerdas dalam pendidikan tetapi memiliki iman dan akhlak yang baik,” harapnya.

Kemudian, narasumber ke 2,
Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si., saat memberikan kuliah umum memohon maaf karena pada kesempatan tersebut belum bisa bertatap langsung dengan civitas akademika UMGO dan mahasiswa tetapi ia berharap dikesempatan lainnya bisa datang langsung ke UMGO.

“Saya juga ingin beterimakasih kepada pihak UMGO telah diberikan kepercayaan untuk mengisi kuliah umum hari ini. Alhamdulillah hari ini saya juga mendapakatkan pencerahan dari Rektor Kadim, saya terkagum-kagum dengan manajemen waktu beliau meskipun dalam keadaam sibuk membangun UMGO tetapi bisa menulis dan melahirkan buku yang sangat menginspirasi saya rasa buku ini patut dibaca bukan hanya untuk dosen tetapi juga mahasiswa,” pujinya.

Ia berharap ilmu yang dibagikan dengan UMGO dapat bermanfaat dan dapat memberikan nilai ibadah bagi semua yang mengikuti kuliah umum AIK, kemudian untuk kerjasama yang telah dilakukan antar UMGO dan UM Malang dapat terus berkesinambungan.

Terakhir, Wakil Rektor I, Prof. Moon Hidayati Otoluwa, saat menutup kegiatan tersebut sangat bersyukur, karena telah mendapatkan ilmu dan pengalaman luar biasa dari Wakil Rektor I UM Malang.

“Kami selaku dosen juga telah mendapatkan pencerahan bagaimana sebaiknya dosen AIK itu bertingkah laku dan berkarakter, selain itu mendapatkan pengetahuan bagaimana mengimplementasikan AIK di kehidupan sehari-hari baik untuk dosen dan mahasiswa, terimakasih atas waktu dan pengalamannya pak Syamsul,”tutupnya.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com