Mahasiswa SI UMGO Sukses Kembangkan Sistem Data Warehouse Village

Kampus Unggul dan Berkemajun -Sebanyak 31 Mahasiswa On the Job Training (OJT) Program Studi (Prodi) Sistem Informasi (SI) Fakultas Sains dan Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO), mengikuti Diseminasi Sistem Data Warehouse Village Dirangkaikan Dengan  Penarikan Mahasiswa OJT Angkatan III kerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Mananggu.

Program Magang ini dilaksanakan selama 3 bulan yakni sejak bulan November-Februari. Para mahasiswa ini disebar di 3 Kantor Desa pada lingkup kerja Pemerintah Kecamatan Mananggu, yakni Desa Salilama, Desa  Buti dan Desa Tabulo. Dalam acara penarikan ini, turut hadir Ketua Program Prodi, Dekan FSIK, Dr. Talha Dangkua, Wahyudin Hasim, M.Kom., Dosen Pendamping Lapangan, Alter Lasarudin,M.Kom., Hilmansyah Gani,M.Kom, Camat Mananggu, Sumantri Karim, Kepala-kepala desa serta mahasiswa OJT.

Kegiatan tersebut berlangsung pada Selasa (28/2/2023) di Aula Kantor Camat Mananggu, Dekan FSIK, Dr. Talha Dangkua saat memerikan sambutan mengucapkan terima kasih atas kesempatan kerja sama dan penerimaan Pemerintah Kecamatan Mananggu.

“Semoga para peserta magang menikmati proses ini dan dapat memanfaatkan pengalaman berharga ini serta tetap menjaga silaturrahim pada instansi tempat mereka melaksanakan magang. Dan prodak yang dihasilkan mahasiswa dapat membantu pemerintah desa dan semua data akan menjadi satu, hanya dengan satu klik semua data penduduk akan muncul sehingga akan mempermudah semua sistem administrasi yang ada di desa yang sebelumnya serba manual,” harapnya.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan
penandatangan MOU antara Prodi Sistem Informasi dengan Kecamatan Mananggu, Desa Salilama, Desa Buti dan Desa Tabulo.

Sementara itu Kaprodi Sistem Informasi,
Wahyudin Hasyim, M.Kom., mengatakan  selama 3 bulan 10 hari mahasiswa   telah mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman  yang ada di lapangan.

“Untuk itu saya mengucapkan terimakasih atas kesediaan dari pemerintah Kecamatan Mananggu yang telah menerima kami dan memberikan banyak kemudahan kepada para mahasiswa, kami juga memohonkan maaaf apabaila ada yang kurang berkenan baik tingkah laku atau tutur kata dari mahasiswa,” ucapnya.

Lanjut Wahyudin, Mahasiswa OJT angkatan III telah sukses mengembangkan Sistem Data Warehouse Village, yang merupakan hasil karya mahasiswa OJT angkat II dan telah berhasil dikembangkan oleh OJT angkatan III berdasarkan hasil observasi dan kebutuhan dari Desa ataupun masyarakat.

“Aplikasi ini merupakan hasil project  OJT angkatan II dan telah memiliki HAKI dari Kemenkumham, di OJT angkatan III ada beberapa modul yang telah dikembangkan mahasiswa diantaranya, profil desa, aset desa, peta pnyebaran penduduk
layanan mandir dan layan kesehatan. Dengan ini kami menyatakan Prodi SI UMGO siap mensuport pemerintah Kecamatan Mananggu baik di Desa Salilama, Buti dan Tabulo dan tidak menutup kemungkinan  di desa lainnya di Kecamatan Mananggu akan kita laksanakan juga, Insha allah kegiatan ini tidak berhenti pada hari ini dan kami bisa menjadi suport sistem dalam percepatan desa digital,” tandasnya.

Terakhir, Camat Mananggu, Sumantri Karim, S.Pd., mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Prodi Sistem Informasi UMGO atas kerja sama ini, serta kepada seluruh Desa  yang telah membantu pelaksanaan program magang ini.

” Alhamdulillah sumbangsih para peserta magang telah banyak membantu. Sebagai contoh konkrit pada percepatan desa digital, Insha Allah dari kegiatan OJT tiga desa ini, akan menjadi Desa Digital karena saya lihat program ini tidak lari dari desa digital. Sistem ini sangat membantu kami, karena perkembangan teknologi semakin maju maka kita tidak boleh ketinggalan kita harus cepat mengejar ketertinggalan dengan negara ini, semoga kedepannya akan ada lagi kerja sama dengan Prodi SI UMGO” tutupnya.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com