LP3M UMGO Gelar Bimtek BKP Bagi Dosen Pengampu Mata Kuliah Program KKD Terintegrasi MBKM

Kampus Unggul dan Berkemajuan – Kreativitas dan Inovasi saat ini menjadi hal yang penting penting untuk kepastian pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Kerja keras pihak terkait demi mempersiapkan para mahasiswa menjadi pribadi yang terampil dan ulet.

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kebijakan yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Sesuai Permendikbud No 3 Tahun 2020 memberikan hak kepada mahasiswa untuk 3 semester belajar di luar program studinya. Mahasiswa berhak untuk memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensinya di dunia nyata sesuai dengan passion dan cita-citanya, keyakinan dari kebijakan ini  didasari pada pembelajaran yang dapat terjadi di manapun, tidak terbatas di ruang kelas, laboratorium maupun perpustakaan tetapi juga di desa, industri, tempat-tempat kerja, pusat riset maupun di masyarakat.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) melaksanakan Bimbingan Teknis Penyusunan Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) bagi Dosen Pengampu Mata Kuliah dan Mahasiswa Program Kuliah Kerja Dakwah (KKD) Terintegrasi MBKM.

Rektor UMGO, Prof. Abd. Kadim Masaong saat memberikan sambutan menyampaikan, tujuan penyelenggaraan bimtek ini guna memantapkan kurikulum MBKM beserta instrumen nya dalam pelaksanaan kegiatan MBKM yang telah dirancang, sehingga mempermudah pelaksanaan MBKM dengan tetap mengacu pada keahlian khusus masing masing prodi dan dapat mengimplementasikan langsung di luar kampus dan mendapatkan pengalaman lebih ketika lulus.

“Juga menambah muatan softskill mahasiswa tersebut dimasukkan dalam mata kuliah MBKM setiap prodi di lingkup UMGO. Bapak – Ibu harus memahami tujuan dari pengabdian itu apa, apa yang bisa dilakukan pada mahasiswa sesuai dengan ilmu yang telah didapatkan selama kuliah,” pintanya

Lanjut Prof Kadim, jadi harus ada konsep yang dimiliki mulai dari berapa kali pertemuan dan tugasnya seperti apa, karena dosen tidak harus terjun langsung tetapi memberikan tugas mahasiwa saat terjun ke desa.

“Yang harus diingat mahasiswa itu memiliki kepribadian dan karakter yang berbeda, maka dengan adanya program KKD terintegrasi dengan MBKM ini untuk menciptakan soft skill mahasiswa yang bagus, bisa berkompetisi dalam merancang masa depan dan mahasiswa bisa senang berada di desa dengan perlu diadakannya riset sebelum terjun  kepada mayasrakat,” jelasnya.

Terakhir ia meminta kepada dosen mata kuliah harus banyak berkonsultasi dengan DPL karena yang nantinya akan memberikan nilai adalah Dosen Mata Kuliah.

“Saya meminta juga untuk DPL agar memperkuat  kecerdasan emosi spritual mahasiswa dan bisa memberi masukan terhadap nilai-nilai aspek motorik dan psikoomotorik,” tutupnya

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com