34 Mahasiswa AP UMGO Dilepas untuk Ikuti Program Magang MBKM

Kampus Unggul dan Berkemajuan – Program Studi S1 Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO), melaksanakan pelepasan peserta magang/praktek kerja  Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Rabu (24/05/2023). Pelepasan yang berlangsung di Pelataran FIS tersebut diikuti oleh Wakil Rektor I, Prof. Moon Hidayati Otoluwa, Wakil Rektor III, Dr. Apris Ara Tilome, Dekan FIS, Dr. Muh. Firyal Akbar, Kaprodi-kaprodi FIS, Dosen-dosen FIS, Dosen Pembimbing Lapangan dan mahasiswa peserta magang.

Dekan FIS, Dr. Muh Firyal Akbar dalam sambutannya mengatakan, kegiatan magang/praktek kerja sendiri menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi yang terampil dalam dunia kerja. Dengan persiapan yang matang dan pelaksanaan yang baik, termasuk terbangunnya hubungan kerjasama yang harmonis dengan instansi pemerintah/perusahaan sebagai mitra.

“Harapannya kedepan lulusan Administrasi Publik UMGO semakin berkualitas dan siap untuk memasuki dunia kerja nyata. Selain itu, ini adalah salah satu implementasi dari kebijakan pemerintah terkait MBKM yang sudah kita laksanakan beberapa waktu lalu.  Di UMGO sendiri dalam menjalankan MBKM prodi diharapkan memenuhi kurang lebih 60 sks, 20 sks pertama sudah dijalankan pada MBKM mandiri berasrama dan magang ini akan terhitung 20 dan selanjutnya mereka akan mengikuti KKD terintegrasi MBKM juga dinilai sebanyak 20 sks jadi Insha Allah akan genap 60 sks,” Jelasnya.

Lanjut Firyal, magang itu akan berjalan  selama 4 bulan jadi 2 bulan pertama mahasiswa akan full di Kantor, 2 bulan berikutnya kegiatannya berdasarkan BKP untuk kegiatan penbelajaran dan mereka akan membuat laporan semacam artikel sehingga ada hal-hal lain yang bisa di rekognisi supaya MBKM bisa diklaim ketika persiapan reakreditasi nanti.

Sementara itu Wakil Rektor I, Prof Moon Hidayati Otoluwa saat membuka kegiatan tersebut mengatakan saat terjun ke instansi nantin kalian akan berperan sepenuhnya disana pembimbing hanya mengarahkan, karena kalian yang akan berhadapan dengan pekerjaan dan juga masyarakat.

“Alhamdulilah kalian akan ditempatkan di beberapa instansi yang ada di Kabupaten Gorontalo dan ini bisa dimanfaatkan untuk  dapat mensosialisasikan UMGO, jadi tolong jaga nama baik UMGO, perlihatkan anda mampu dan siap pakai karena ketika  magang itu anda akan dinilai baik oleh dosen pembimbing juga oleh mereka yang ada di instansi itu,” Tutupnya.

34 Mahasiswa magang magang MBKM akan diterjunkan di berbagai titik lokasi di Kabupaten Gorontalo tepatnya, BKPSDM, Kantor Bupati, Sekwan DPRD(Kantor sekretariat dewan perwakilan rakyat, Dukcapil (dinas kependudukan dan pencatatan sipil, Badan perencanaan dan pembangunan daerah (bappeda), Badan Keuangan dan aset daerah, Dinas Penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu selama dua bulan (22 Mei- 24 Juli 2023).

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com