Wakil Rektor I UMGO Lakukan Monev KKD MBKM di Dua Lokasi

Kampus Unggul dan Berkemajuan – Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO)  beserta rombongan LPPM dan LPPPM UMGO melakukan kunjungan langsung ke lokasi-lokasi tempat pelaksanaan Kuliah Kerja Dakwah (KKD) terintegrasi MBKM Mandiri angkatan XX tahun 2023. Hal ini dalam rangka Monitoring Evaluasi KKD angkatan XX yang dilaksanakan pada Rabu (20/12/2023) di Kantor Kelurahan Polohungo dan Kantor Desa Pangadaa, Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. 

Memasuki bulan ke empat ini mahasiswa sudah melaksanakan beberapa program  KKD yang berkaitan dengan MBKM dalan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) dari masing-masing mata kuliah, yakni desa atau kelurahan yang memiliki unit usaha. Hal ini untuk memastikan bahwa mahasiswa tidak mendesain program kerja di KKD nya diluar dari target CPMK dari masing-masing mata kuliah. 

Koordinator Desa klaster Polohungo, Noval Rifaldi Luawo yang juga mahasiswa Prodi Akuntansi saat memberikan laporan program kerja mereka mengatakan berbagai program telah dirancang dan dieksekusi dengan baik. 

“Adapun kegiatan yang kita lakukan seperti, Sosialisasi tentang resiko dan dampak pembakaran lahan dan hutan, Sosialiasasi Psikoedukasi untuk meningkatkan pemahaman  dan pencegahan Bullying,sosialisasi tentang Gemar Menabung Sejak Dini, sosialisasi mengenai pentingnya pendidikan bagi generasi muda di Sekolah Mim Tapadaa Biyonga, memberikan sosialisasi mengenal pentingnya berbasis ITE, pembuatan Tanaman Obat Jeluarga (TOGA), Memonitoring program kerja sama BPDAS : Program SRA dan IPAH,  penyuluhan, pencegahan dan penanganan stunting,  kegiatan rutin TPQ di Masjid Jami Baitul Rahman, membuat produk inovasi dengan memanfaatkan SDA di Desa, pembuatan Flyer dan aplikasi bisnis sebagai program usaha, dalam bidang pemberdayaan masyarakat kita melakukan pelatihan produk UMKM, Pengemasan dan Pemasaran Produk UMKM dan ada program tambahan  turnamen mini soccer,” Jelasnya. 

Klaster ini juga telah melahirkan 6 produk inovasi hasil pengelolaan SDA Polohungo yakni, Virgin Coconut Oil (VCO), Serundeng, Gula-gula Halua (SOBA), Briket Arang Tempurung, Keripik Kelapa dan Puding Daun Kelor.

Wakil Rektor I, Prof. Moon Hidayati Otoluwa dalam sambutannya meminta kepada mahasiswa sebagai peserta KKD untuk menyusun laporan yang baik dan benar dan menciptakan program-program yang akan sangat bermanfaat bagi masyarakat desa tersebut. 

“Mohon diperbaiki laporan kegiatan khususnya kegiatan MBKM dilengkapi, karena kalian diakui 20 SKS maka perlu adanya laporan dan data yang jelas buatlah laporan yang analisis masalahnya kuat, dan menghasilkan program-progran berupa kegiatan baik Keagamaan, Kesehatan, Lungkungan, atau Adminstrasi Desa dan dengan tolak ukur yang jelas dan mencapai target atau sasarannya. Jangan sampai selama 4 bulan hanya menyusahkan masyarakat maka dari itu harus ada kegiatan yang benar-benar bermanfaat  bagi masyarakat maka gunakan sisa waktu kalian dengan sebaik mungkin,” Tegasnya. 

Ketua LPPM UMGO yang diwakili oleh Kepala Pusat Pengabdian pada Masyarakat, Dr. Mohamad Ervandi, MP., mengingat kepada mahasiswa Laporan adalah hal yang penting. 

“Maka dari itu kekurangan yang ada pada hari ini mohon segera diperbaiki, karena laporan ini yang dapat membuktikan hasil kerja selama disini apalagi BKP yang sudah disusun apabila tidak ada bukti fisiknya akan sangat fatal karena berhubung dengan nilai mata kuliah maka harus bukti otentiknya dan prosesnya harus jelas,” Pintanya. 

Terakhir, Lurah Polohungo, Sutrisno Detuage mengatakan terkait keberadaan mahasiswa kurang lebih 3 bulan ini kalau dilihat secara signifikan aman-aman dan baik-baik saja serta sudah banyak pemerintah Polohungo.

“Kapasitas kami sebagaj pemerintah terbatas terkait keamanan dan kenyamanan mahasiswa disini namun kami selalu berusaha dan kami tidak menutup mata apabila dibutukan, komunikasi antar kami dan mahasiswa juga Alhamdulillah berjalan dengan lancar. Dan terkait penilaian bapak-ibu hari ini kami tidak ingin mencampuri terlalu dalam karena bukan kapasitas kami namun dalam pantauan program yang mereka jalankan sudah banyak membantu masyarakat disini,” ungkapnya. 

Terakhir Sutrinso mengucapkan terima kasih kepada UMGO yang telah mempercayakan Polohungo sebagai tempat pelaksnaaan KKD dan kedepannya ia masih bersedia untuk menerima mahasiswa UMGO. 

“Semoga kerjasama ini terus berjalan dan kami selalu siap menerima pihak UMGO untuk melakukan berbagai kegiatan disini terutama kegiatan yang melibatkan masyarakat,” Tutupnya. 

Hadir dalam kegiatan Monev, Wakil Rektor I, Prof. Moon Hidayati Otoluwa, Kepala Pusat Pengabdian pada Masyarakat, Dr. Mohamad Ervandi, MP., Ketua Panitia KKD angkatan XX, Tisen,M.Pd., beserta Tim LPPM UMGO,Kepala LP3M. Dr. Thamrin Kum,M.Pd., serta Tim LP3M.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com