Gelar Inaugurasi, UMGO Tampilkan Hasil Inovasi dan Kreativitas Mahasiswa Berasrama

Kampus Unggul dan Berkemajuan – Puncak Program Pembinaan Kepribadian dan Karakter Mahasiswa Baru (PPKKMB) yang biasa disebut Program Berasrama  tahun 2023 Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO), ditutup dengan kegiatan Malam Inaugurasi berupa persembahan dari mahasiswa baru dengan menampilkan tarian, vocal grub, teater, dan beragam penampilan lainnya yang berhasil menghibur seluruh penonton yang hadir di Gedung Indoor David Bobihoe Akib, Rabu (13/12/2023).

Kepala Pusat Bahasa LP3M UMGO, Atiq Aqiqotul Hasanah,MA., saat memberikan pengantarnya berharap melalui kegiatan asrama dapar memberikan efek baik pada kehidupan mahasiswa. Ia juga meminta kepada alumni rusunawa untuk melanjutkan kebiasaan yang ada di rusun, setelah selesai rusun masjid harus ramai, sholatnya tepat waktu, memperbanyak membaca Al-Qur’an menjalankan puasa kamis dan kegiatan lainnya.

“Anak-anak memasuki asrama pada gelombang pertama ini sebanyak 289 dengan kemampuan mengaji 79 orang yang bisa mengaji dan sekarang Alhamdulillah sekarang tersisa 29 orang yang belum lancar dan merekak lulus bersyarat karena masih akan kita bimbing sampai lancar.

Terima kasih 4 bulan penuh perjuangan, 4 bulan yang akan saya kenang dan akan saya kenang dalam sejarah hidup saya, mudah-mudahan apa yang kalian jalankan akan jadi ibadah untuk kita semua. Teirmakasih kepada musyrif-musyrifah yang telah membantu kami membimbing mahasiswa,” ucapnya.

Lanjutnya dimomen ini Ia ingin menyampaikan  bahwa apa yang kita dilakukan pengelola rusunawa khususnya Musyrif-Musyrifah bukan semata untuk mendapatkan balasan kertas bewarna merah tetapi jadikan asrama sebagai tempat belajar ibadah yang diberikan Allah kepada kita.

“Kepada adik-adik mahasiswa yakinlah semoga apa yang kalian dapat akan menjadi modal 5,10 tahun akan datang dan apa yang telah didapatkan sekarang Insha Allah adalah sesuatu yang baik.

Semog ini akan menjadi amal ibadah bagi pimpinan UMGO, pengelola asrama dan semua yang ikut program berasrama,” Harapnya. 

Kemudian, Wakil Rektor III, Dr. Apris Ara Tilome saat memberikan sambutan bersyukur program asrma selama 4 bulan bisa terlaksana dengan baik sehingga sudah berada pada puncak malam inagurasi.

“Alhamdulillah tidak terasa Program Berarama sudah memasuki tahun ketiga dan ini nerupakan gelombang pertama bagi angkatan 2023 dimana selama 4 bulan ini perlu kami sampaikan kepada Bapak-Ibu bahwa mahasiswa disini ada yang dari tidak bisa membaca Al Qur’an sekarang mereka sudah mampu membaca Al Qur’an, ada yang sudah tau membaca tapi tadjwidnya masih belum benar sudah kita arahkan mereka pada program ini, ini tentu menjadi kebahagiaan bagi kami. Di asrama juga mereka di didik dengan habituasi Puasa Senin dan Kamis, mereka terbiasa sahur dan buka bersama, sholat berjamaah, sholat malam dan kegiatan-kegiatan yang dapat melatih soft skill mereka,” jelasnya.

Apris melanjutkan, mahasiswa dapat kembali ke tempat tinggal masing-masing mulai besok atau lusa karena akan dilanjutkan dengan program berasrama tahap 2 dimana besok sudah mulai masuk asrama dan dibuka sampai dengan tanggal 17 sekaligus dengan pembukaan. 

“Untuk mahasiswa angkatan 2023 karena banyak jumlah mahasiswanya akan dilakukan tiga tahap. Dengan adanya Inaugurasi bukan berarti sampai disini kegiatannya tetapi kita akan terus membina kalian dilanjutkan dengan pengajian pekanan dan alumni asrama akan dilibatkan dalam kegiatan tahunan UMGO yakni Pekan Seni, Olahraga dan Agama dalam pesona UMGO sebagai implemntasi apa yang telah mereka dapatkan di asrama,” Tutupnya. 

Sementara itu, Prof. Abd. Kadim Masaong M.Pd., selaku Rektor UMGO dalam sambutannya, berpesan kepada mahasiswa, ia berharap semua materi yang diterima selama pelaksaanaan PPKKMB  dapat diterapkan dalam kehidupan nyata sebagai mahasiswa.

“Saya berharap mahasiswa mampu terus beradaptasi dengan kehidupan kampus, yang menuntut kemandirian, berprestasi dalam semua bidang dan menjadilah satu kesatuan meski berbeda-beda dalam wadah UMGO. Ilmu yang anda dapatkan disini tentu tidak boleh berhenti harus terus dilakukan pengembangan-pengembangan dimasa yang akan datang,” imbuhnya.

Terakhir, mantan ketua PWM Gorontalo juga berterimakasih kepada orang tua yang telah mempercayai UMGO untuk mendidik dan membina para mahasiswa khususnya dalam pelaksanaan PPKKMB.

“Tanpa kepercayaan orang tua sekalian, kita tidak akan mampu menghadapi berbagai macam masalah yang dihadapi oleh para mahasiswa dalam proses pembinaan. Orang tua mahasiswa tentu berbahagia memasukan putra-putrinya di UMGO kenapa karena apa yang saya janjikan sesuai dengan tagline kuliah di UMGO (Imannya kuat, Ilmunya tinggi, Akhlaknya Baik dan Soft Skillnya Hebat), jika ingin sukses yang harus dituntaskan adalah iman, maka prestasi yang harus kita kejar adalah agama yang kuat, agama membuat hati tenang dan pikiran sejuk dan orang seperti itu pasti kecerdasannya maksimal, kecerdasan tanpa punya iman akan mudah terjerumus ke hal negatif maka memasukan anak bapak-ibu di UMGO kita bertanggung jawab bersama mengarahkan anak anak ke arah yang lebih baik, susah banyak yang lulus asrama maka itu penyelemat saya sebagai pemimpin dan peyelamat orang tua atas kepercayaannya maka orang tua harus terus melanjutkan pembinaan di rumah,” Jelasnya. 

Ia mengajak para orang tua dan tamu yang hadir untuk memasukan anak-anak atau saudara kita yang ingin kuliah di UMGO kampus membangun CITRA dan Merancang Masa Depan,  dimana UMGO saat ini baru membuka Prodi Kedokteran dimana kalau untuk mahasiswa Kedokteran 1 tahun asramanya untuk membentuk dokter yang kompoten, religius dan punya jiwa leadership yang kuat untuk pembukaan pendaftaran mahasiswa baru akan dibuka bulan Januari. 

Acara penutupan ini dihadiri oleh Rektor UMGO, Prof. Abd. Kadim Masaong, Wakil Rektor I, Prof. Moon Hidayati Otoluwa, Wakil Rektor II Dr. Salahudin Pakaya, Wakil Rektor III, Dr. Apris Ara Tilome, civitas akademika UMGO, pengelola Rusunawa, orang tua mahasiswa, dan seluruh peserta juga penonton yang hadir.

 

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com