Jurusan Keperawatan UMGO Gelar Kuliah Pakar, Temu Praktisi dan Workshop Keperawatan Medikal Bedah

Kampus Unggul dan Berkemajuan – Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK)Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) menggelar beragam kegiatan untuk mahasiswa mulai dari Kuliah Pakar, Temu Praktisi dan Workshop Keperawatan Medikal Bedah, di Gedung Indoor David Bobihoe Akib UMGO, Rabu (13/12/2023). Kegiatan ini guna menambah pengetahuan mahasiswa dalam melakukan intervensi keperawatan medikal bedah.

Ratusan mahasiswa Keperawatan UMGO  antusias mengikuti event ini karena dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan menangani perawatan medikal bedah dengan tepat dan responsif. 

Wakil Dekan 1 FKIK UMGO, dr. A. Muh Rifqi Ismulail, M.Kes., mewakili Dekan FKIK dalam pengantarnya mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Jurusan Keperawatan dan melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak mulai dari  Kemendikbudristek melalui Program Praktisi Mengajar, PPNI Pusat maupun Gorontalo.

“Terima kasih atas terlaksananya kegiatan Kuliah Pakar, Temu Pakar dan Workshop ini yang tentu sangat bermanfaat apalagi bekerjasama dengan Kemendikbudristek

melalui program Praktisi mengajar, ini salah satu program inisiatif dari Kementerian pendidikan untuk membantu perguruan tinggi melahirkan SDM melalui alumni dan lulusan yang siap berkerja dan dibutuhkan dimasa yang akan datang, tentu kami selaku pimpinan FKIK sangat mensupport dan mendukung program seperti ini,” Ucapnya.

Ia juga mengatakan akan berkomitmen dalam mendukung kegiatan kemahasiswaan baik dalam bidang akademik dan non akademik. 

“Alhamdulillah UMGO telah membuka prodi Kedokteran dan kami akan menyusuan kurikulum yang fokus pada penanaman nilai AIK dalam bidang kesehatan dengan ini kita berharap lulusan UMGO disamping  memiliki skill dan kompotensi juga mampu dalam hal spiritual terutama dalam mengobati pasien tidak hanya mengandalkan keilmuan tetapi jiwa spiritual, sosial dan lainnya, kita juga akan membangun lulusan kita dengan adab yang baik dalam artian punya kedisiplinan tingggi, jujur dan tanggung jawab serta memiliki jiwa kemanusiaan dalam melayani masyarakat sehingga disamping skill, kompotensi dan komponen lainnya kita punya nilai plush bahwasannya jurusan keperawatan FKIK UMGO memiliki nilai kejujuran dan kemanusiaan dibandingkan lulusan lain yang dibutuhkan pasar kerja,” Jelasnya. 

Ia melanjutkan akan membuat forum kegiatan mahasiswa agar kedepan memudahkan mahasiswa dalam menggelar berbagai event terkait keilmuannya serta yang mendukung soft skillnnya. Adapun Ia berharap melalui kegiatan ini sebagai ajang sharing Ilmu dan akan bernilai keberkahan dan kebermanfaatan untuk kita semua. 

Adapun pada Kuliah Pakar yang menjadi narasumber Prof. Agung Waluyo,S.Kp., M.Sc., Ph.D., selaku Guru Besar Keperawatan Medikal Bedah FIK UI Trend Oncology Nursing  In Indonesia dan Paliatif Care, untuk Temu Praktisi dihadiri oleh, dr. Moh. Taufan Ibrahim, Sp.PD., (Tata Laksana Anemia), dr. Abdul Rahman Bahmid, Sp.P., (Tata Laksana TB Paru), Ns. Fadli Syamsuddin, M.Kep., Sp.Kep., MB., (Case Report Pasien Stroke Hemoragik), Ns. Nikmawati Puluhulawa, S.Kep., M.Kep., (Askep Pneumonia), Ns. Nurliah, S.Kep., M.Kep., (Askep DHF), Ns. Samsuwiryo Syaba, S.Kep., (Askep Bedah Ortopedi), Ns. Asfiaty DjafarDjafar, S.Kep (Askep Pasien Ulkus Diabetik), Ns. Iskandar Simbala, S.Kep., M.Kep., (Sasaran Keselamatan Pasien), dan Workshop oleh dr. Moh.Taufan Ibrahim, Sp.PD., (Rasionalisasi Penggunaan Antibiotik), dr. Abdul Rahman Bahmid, Sp. P., (Tata Laksana Pasien yang Terpasang Chest Tube), Ns. Asni Ayuba, S.Kep., M.Kep., (Pengenalan Instrumen OK),  Samsuwiryo Syaba, S.Kep., (Perioperatif Bedah Ortopedi), Ns. Asfiaty DjafarDjafar, S.Kep (Asuhan Keperawatan Pasien Menjelang Pre Operasi), Ns. Marlina Malik, S.Kep., (Terapi Nasogastrik Tube) dan Ns. Sakinah Mootalu, S.Kep., (Terapi Oksigen) mereka hadir secara langsung dan sebagian melalui via zoom meeeting. Adapun fasilitas yang didapati mahasiswa melalui kegiatan ini berupa materi dan E Sertifikat 2 SKP PPNI. 

Terakhir, Wakil Rektor I bidang Akademik, Prof. Moon Hidayati Otoluwa saat membuka kegiatan tersebut mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggarannya kegiatan yang digagas oleh Jurusan Keperawatan UMGO. 

“Pertemuan hari ini dapat menghasilkan perkembangan ilmu pengetahuan pada kita  semua terutama pada mahasiswa Ilmu Keperawatan, kegiatan ini sangat menguntungkan bagi kita semua khususnya bagi UMGO yang sedang fase berkembang maka kami mengapresiasi kegiatan ini karena dapat meningkatkan Kualitas SDM UMGO dan juga peningkatkan akreditasi harapannya prodi Keperawatan yang saat ini terakreditasi Baik Sekali bisa meningkat menjadi Unggul dengan meningkatkan kerjasama seperti ini dalam mengadakan pertemuan, diskusi, workshop dan mempertemukan para ahli untuk mengembakan keilmuan yang dibagi kepada kita semua,” Tutupnya.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com