Peresmian Gedung FKIK UMGO, Prof Haedar : Rektor UMGO Adalah Rektor yang Paling Berani Membuka Kedokteran

Kampus Unggul dan Berkemajuan

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof Dr Haedar Nashir MSi., meresmikan Gedung Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) dan Laboratorium FKIK Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO), Selasa (31/10/2023).

Gedung yang dibangun mulai dari persiapan lahan sejak beberapa tahun lalu ini telah rampung pada Tahun 2023 dan siap diperuntukan menjadi tempat belajar mengajar untuk mahasiswa FKIK UMGO.

Rektor UMGO, Prof. Abd. Kadim Masaong, juga telah menyampaikan kesiapan UMGO untuk membuka FKIK.

“Gedung perkantoran, perkuliahan, laboratorium, dosen, proposal dan naskah akademik sudah ada di Sistem Siaga Kemendikbud Ristek Dikti.,” ucap Rektor Umsida Dr Hidayatullah MSi.

Rektor UMGO mengungkapkan rasa syukur dan bahagia dengan diterimanya SK dari Mendikbud Ristek dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berupaya bekerja keras menyiapkan pembukaan prodi ini.

“Atas nama Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Gorontalo mengucapkan Selamat datang Bapak Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah bersama Rombongan di Kampus UMGO “MEMBANGUN  ‘CITRA’ MERANCANG MASA DEPAN”.  UMGO menetapkan MOTTO: “DENGAN IMAN KITA KUAT, DENGAN DOA KITA SEMANGAT, DAN DENGAN KERJA KERAS KITA SUKSES”.
UMGO membangun kultur akademik melalui TAK LINE Kuliah di UMGO: “IMANNYA KUAT, ILMUNYA, TINGGI, AKHLAKNYA BAIK, DAN SOFT SKILLNYA HEBAT“. Tentu proses yang dilalui cukup panjang tetapi berkat usaha dan ikhtiyar kita semua kita bisa sampai ditahap ini, bisa menerima calon mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024,” Jelasnya.

Lanjutnya, pada tahun 2023 ini UMGO mendapatkan kado istimewa pada Milad Ke – 15, diantaranya akreditasi Institusi Baik Sekali, berhasil merancang RIP UMGO 2020-2045 dan Pembukaan Prodi Kedokteran.

“Momentum itu hanya sekali datang, siapa yang bisa memanfaatkan momentum, maka merekalah yang akan sukses. Pencabutan Moratorium Kedokteran menjadi momentum strategik bagi UMGO apalagi setelah melihat kebutuhan dokter di Gorontalo sebesar 803 orang. Alhamdulillah Kami berjuang 11 bulan utk mewujudkan FK di UMGO,”

Dihadapan Prof Haderan, Rektor Kadim juga menyebutkan  NAMA BESAR DIBALIK FK UMGO.

“Titipan Amanah Ketua Umum PPM ketika diberi amanah sebagai Rektor: “Jadikan UMGO sebagai PTM Model di Kawasan Indonesia Timur bagian Utara”. Amanah ini sudah kami buat peta jalan melalui RIP 2020-2045. Izinkan saya menyampaikan AKTOR UTAMA Kedokteran UMGO,” ucapnya.

– Prof. Dr. Haedar Nashir Ketua Umum PP Muhammadiyah
– Penjabat Gubernur Gorontalo Dr. Hamka Hendra Noer
– Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya, PWM Jawa Timur bersama
– Direktur DMU (BUMM), Prof. Budu, Ph.D sebagai Konsultan Pendirian Kedokteran UMGO
– Prof. Irwan Akib dan Prof. Dr. Zainuddin Amali (Komisi 10) DPR RI
– Rektor PTMA yang memiliki Fakultas Kedokteran
– Kepala LLDIKTI  Wilayah 16
– Bupati/Wali Kota se Gorontalo
– Dekan FK dan Seluruh dosen UNHAS sebagai PT. Pendamping
– Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Gorontalo.
– Tim Task Force Kedokteran yang tidak mengenal lelah selama 11 bulan
– Civitas Akademika dan Warga Persyarikatan.

Prof Haedar Nashir menyampaikan rasa syukur atas kemajuan luar biasa yang dilakukan oleh UMGO. Ketua Umum PP Muhammadiyah itu juga menyarankan agar senantiasa bertajdid alam pikiran agar selalu berkreativitas dan berinovasi dalam pembaruan.

“Tidak hanya itu, kita mesti berorientasi pada perubahan-perubahan yang bersifat akseleratif, dinamis dan progresif,”tuturnya.

Pendirian FKIK UMGO ini juga merupakan salah satu sumbangsih Muhammadiyah kepada negara mengingat jumlah dokter spesialis di Indonesia yang sangat minim.

“Alhamdulillah kita bersyukur kepada Allah SWT., UMGO memperoleh SK Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan yang telah diserahkan oleh kepala LLDikti wilayah XVI. Maka kami PP Muhammadiyah mengucapkan selamat ini adalah anugrah bagi UMGO. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung UMGO dalam melahirkan prodi Kedokteran, mulai dari beberapa menteri yang sudah saya repotkan, terima kasih kepada majelis dikti dan selurhh organ  yang ada di persyarikatan dan seluruh rektor yang selalu mendukung kesuksesan pada program ini, kepada pemda Provinsi/Kabupaten/Kota. Saya ingat betul sejak kampus ini berdiri 15 tahun lalu  pemerintah daerah/provini/kota Gorontalo dari periode ke periode sangat luar biasa. Ini merupakan kerja baik dari kita dan juga pemerintah yang selalu membangun kolaborasi dan LLDikti yang selalu mendukung dan menjadi mitra yang baik untuk setiap perguruan tinggi lebih khusus di Wilayah XVI,” Ucap Ketua PP Muhammadiyah.

Lanjut Prof Haedar, kegigihan Rektor UMGO luar biasa dalam mewujudkan Prodi Kedokteran UMGO.

“Bahkan Rektor Kadim membangun komunikasi langsung dengan saya dan hampir setiap hari syaa diteror, saking gigihnya dan pantang menyerah Rektor Kadim dan ini buah dari kegigihan dari Rekto UMGO dan Tim. Maka rasa bahagia juga sampai pada para Rektor yang datang kesini  ini sebagai bentuk kebersamaan dan bentuk dukungan yang luar biasa. Harapan kami dengan pencapaian ini, Rektor Kadim bisa berbagi di Forum PTMA apa yang menjadi kiat-kiat dalam membuka prodi Kedokteran, serta dalam kegiatan ini dapat menjadi akselerasi bagi seluruh PTMA agar kemajuan itu bisa bergerak bersama,” Tutupnya

Dalam acara ini, Prof Dr Haedar Nashir MSi.,  meresmikan gedung dan laboratorium FKIK UMGO secara simbolis dengan memotong pita.

Kegiatan yang juga dirangkaikan dengan Rapat Kerja Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (APPPTMA) Se – Indonesia Timur ini, dihadiri  oleh Prof. Dr. Haedar Nashir Ketua Umum PP Muhammadiyah, Penjabat Gubernur Gorontalo Ir. Ismail Pakaya, M.E., yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Budiyanto Sidiki, Rektor UMGO, Prof. Abd. Kadim Masaong, Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya, PWM Jawa Timur bersama Direktur DMU (BUMM), Prof. Budu, Ph.D sebagai Konsultan Pendirian Kedokteran UMGO, Prof. Irwan Akib dan Prof. Dr. Zainuddin Amali (Komisi 10) DPR RI, Rektor PTMA yang memiliki Fakultas Kedokteran, Kepala LLDIKTI  Wilayah XVI, Munawir Sjadzali Razak, Bupati/Wabup se Gorontalo,
Dekan FK dan Seluruh dosen UNHAS sebagai PT. Pendamping, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Gorontalo, Tim Task Force Kedokteran UMGO, Civitas Akademika dan Warga Persyarikatan.

 

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com