Prodi Magister AP UMGO Peringati Milad Perdana dengan Menggelar Podcast “Transformasi Pendidikan Berkemajuan”.

Kampus Unggul dan Berkemajuan -Dalam rangka milad pertama Program Studi Magister Administrasi Publik (AP) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO), menggelar Podcast perdana yang digagas langsung oleh Mimoza TV Podcast yang merupakan salah satu media lokal di Gorontalo. Adapun Podcast ini mengulas tentang “Transformasi Pendidikan Berkemajuan”.

Podcast yang bertempat di Halaman FIS UMGO pada Sabtu 4 November 2023 ini,  menghadirkan narasumber Rektor UMGO, Prof. Abd. Kadim Masaong, Dekan FIS, Dr. Muh. Firyal Akbar, Kaprodi Magister AP, Dr. Sri Handayani Suprapto, M.Si., Mahasiswa Magister AP angkatan I, M.Agus Madina dan dipandu oleh Nurhadi Taha sebagai host dan juga sebagai mahasiswa magister AP angkatan pertama.

Dalam podcast ini, Prof. Abd. Kadim Masaong selaku Rektor UMGO memaparkan
terkait perkembangan kampus UMGO selama masa kepemimpinannya yang telah berhasil melakukan beberapa Transformasi dalam waktu singkat.

“Insha Allah pada tanggal 1 Desember mendatang adalah tiga tahun saya menjabat sebagai Rektor dan di milad yang ke – 15 UMGO tahun ini kami telah memberikan tiga kado yang terbaik kita sumbangkan untuk Indonesia dan khususnya masyarakat Gorontalo yang pertama, Alhamdulillah UMGO sekarang akreditasinya Baik Sekali, kedua kami sudah membuat peta jalan UMGO dalam bentuk Rencana Induk Pengembangan (RIP) dari 2020-2045 dan yang ke tiga Alhamdulillah pada tanggal 17 Oktober kemarin kita menerima SK Prodi Kedokteran Program Sarjana dan Profesi Kedokteran inilah yang saya pikir kado terindah untuk milad ke – 15 UMGO,” Jelas orang nomor satu di UMGO.

Lanjutnya, selama ia menjadi Rektor telah menambah dua Fakultas yaitu Fakultas Psikologi dan Fakultas Agama Islam. Tentunya ikedepan ia berharap menjadi sesuatu yang positif untuk Pengembangan kampus UMGO apalagi kita juga sudah memiliki dua program studi magister yakni Magister AP yang sudah memiliki 2 angkatan dan Magister Manajemen Sumber Daya Hayati (MSDH) yang Insha Allah akan dibuka pada Tahun ini dan kedua Prodi ini Menurut Rektor ke dua Prodi ini sangat penting untuk diperkuat kedepan karena alumni-alumni UMGO baik yang bisa masuk di AP atau MSDH cukup banyak jadi prioritas kita adalah alumni dan tentu juga tidak terlepas dari alumni Prodi lain yang ingin melanjutkan Prodi S2 AP ataupun S2 MSDH di UMGO.

“UMGO adalah Perguruan Tinggi lslam tetapi menerima Mahasiswa tidak hanya beragama Islam. Kedepan kita akan berusaha menambah Program Magister yang lain kita sedang menyiapkan Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Magister di bidang Kesehatan inilah yang kita rancang untuk target 2020-2025 itu kita sudah punya empat Prodi Magister,” Harapnya.

Kemudian, Dekan FIS Dr Firyal saat memberikan statement terkait perkembangan Prodi AP selama setahun cukup signifikan dimana Prodi Magister AP sebagai Sejarah Program Magister pertama yang dimiliki UMGO.

“Alhamdulillah tak terasa hari ini kita merefleksi satu tahun perjalanan Magister AP.  Ini merupakan Sejarah sebenarnya karena Alhamdulillah program Magister pertama UMGO adalah Prodi Magister AP ini merupakan sebuah langkah besar sebagaimana yang disampaikan Rektor tadi yang masuk dalam rancangan saat beliau mempin UMGO.  Kalau ditanya prospek Magister AP Alhamdulillah Prodi ini merupakan salah satu alternatif bagi masyarakat Gorontalo maupun di luar Gorontalo yang ingin melanjutkan studinya khususnya bagi mereka yang konsen pada bidang pelayanan Publik, Manajemen Publik dan kebijakan publik. Untuk program pembelajarannya sendiri selama satu tahun kita berupaya untuk bagaimana kita mengikuti kebijakan pemerintah  khususnya kemendikbud jadi kita tetap bagaimana menjelankan pembelajaran sebagaimana aturan-aturan yang ada dan karena Mahasiswa Prodi Magister AP berasal dari berbagai Profesi sehingganya kita menberikan opsi-opsi untuk bagaimana mereka tetap memenuhi kegiatan pembelajaran itu misalnya perkuliahan diakhir pekan dengan pembelajaran hybrid yakni during dan luring dan kita menargetkan program magister AP ini selesai 1.5 Tahun dan tahun depan kita akan segera melakukan Reakreditasi untuk bagaimana kita bisa meraih akreditasi Baik Sekali ataupun Insha Allah Unggul,” Jelas Firyal.

Firyal melanjutkan, yang membedakan Magister AP UMGO dengan Prodi yang ada di Perguruan Tinggi lainnya adalah kita konsen ke Administrasi Publik itu sendiri dan yang kedua kita menekankan pencirinya ke
Electronic Government atau e- governmen jadi bagaimana mata kuliah,  publikasi dan risetnya itu kiblatnya ke e- governmen
di mana yang lagi tren saat ini adalah digitalisasi pemerintahan.

Ketua Program Studi Magister AP, Dr. Sri Handayani dalam kesempatan itu juga menjelaskan mekanisme untuk penerimaan mahasiswa Magister AP melalui berbagai proses seleksi, mulai dari administrasi, tes akademik dan wawancara dan untuk pembayaran pihaknya memberikan kelonggaran untuk mengasur Baik dari Pendaftaran, Registrasi, SPP dan Infaq.

“Jadi pada angkatan ke dua ini masih menerima mahasiswa baru untuk semester genap yang akan dimulai perkuliahan pada awal Februari. Kita menerima mahasiswa dari lintas Prodi artinya bisa dari berbagai disiplin Ilmu dan ketika mereka akan mengikuti perkuliahan awal wajib mengikuti perkuliahan Martikulasi agar sebagai refresh pengetahuan bagi mahasiswa yang berasal dari Prodi AP dan pengenalan bagi yang bukan berasal dari Prodi AP dan Alhamdulillah ketika mereka masuk kuliah tidak ada kendala,” Terangnya.

Terakhir, M. Agus Madina selaku Mahasiswa Magister AP angkatan I, saat memberikan testimoni saat perkuliahan selama dua semester di mana yang paling berkesan baginya Mahasiswa Magister AP digodok oleh dua professor yang kualifikasi Ilmu belum bisa  didapatkan badingannya di Gorontalo.

“Yakni ada Prof Kadim Masaong dan Prof Anshar itu sangat luar biasa dan bagi kami sangat rugi kalau kuliah jika tidak mendapatkan bimbingan beliau berdua,  ada pengalaman menarik bagi saya  selama perkuliahan dengan Prof Kadim beliau kalau memberi kuliah tidak pernah menunda perkuliahan kalau tidak bisa sore maka diganti dengan Subuh, maka memang mahasiswa didorong juga untuk taat beribadah minimal dia sudah sholat Subuh kemudian kuliah inilah yang saya rasa tidak pernah didapatkan oleh mahasiswa di kampus manapun di Gorontalo itu sangat luar biasa dan bagi saya motivasi kedua Guru Besar dan Dosen lainnya sangat berpengaruh dalam meningkatkan minat belajar kami sehingga berpengaruh kepada kedispilinan kami.  Mahasiwa magister AP khususnya angkatan saya angkatan pertama sangat kompak dan mudah-mudahan ke kompakan ini terus berlanjut dan Insha Allah kita bisa saling menutupi kekurangan dan kami berharap Pascasarjana UMGO akan memiliki gedung sendiri,” Harapnya.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com