Dosen Universitas Khairun Paparkan Konsep Blue Economy di Prodi Akuakultur UMGO

Kampus Unggul dan Berkemajuan – Dosen Program Studi Budidaya Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Khairun, Ternate, Provinsi Maluku Utara, Dr. Aras Syazili, S.Pi, M.Si., menjadi pemateri pada Kuliah Pakar bertajuk  “Penerapan Blue Economy Melalui Akuakultur Inklusif untuk Menyelesaikan Permasalahan dan Tantangan Budidaya Perikanan”,  Aula Lantai III Gedung Rektorat UMGO, Kamis (16/11/2023).

Kegiatan ini digagas oleh Prodi Akuakultur, Fakultas Sains dan Ilmu Komputer (FSIK) UMGO. Dekan FSIK, Dr. Talha Dangkua dalam pengantarnya mengatakan kegiatan ini sangat penting dan erat hubungannya dengan Prodi yang ada di FSIK yaitu Akuakultur dimana

Ekonomi biru (Blue Economy) adalah adalah rancangan optimalisasi sumber daya air yang bertujuan untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi melalui berbagai kegiatan yang inovatif dan kreatif dengan tetap menjamin usaha dan kelestarian lingkungan.

 

“Maka kegiatan ini sangat penting diadakan untuk menambah pengetahuan dan pengalaman mahasiswa dari Pakar yang kompoten, ditambah dalam momentum ini Prodi Akuakultur memghadirkan siswa-siswi 

SMK Al Quran dan Dakwah Alam  (ADA) Gorontalo, Desa Talumelito, Kecamatan Telaga Biru dimana salah satu jurusan yang ada disana ialah Budidaya Perairan dan rata-rata mahasiswa Akuakultur saat ini juga merupakan lulusan dari sekolah tersebut saya kira ini salah satu cara efektif dalam mempromosikan kampus UMGO khususnya Prodi Akuakultur,” Jelasnya. 

Dr. Talha mengucapkan terima kasih kepada narasumber sudah bersedia sharing Ilmu dan pengelaman kepada mahasiswa dan siswa-siswi SMK ADA Gorontalo, terima kasih kepada Ketua Program Studi dan Ketua Jurusan yang telah menggagas kegiatan ini. 

“Semoga dengan digelarnya Kuliah Pakar ini, dapat membawa perubahan yang baik dalam pengembangan dan pemberdayaan sumber daya laut khususnya di Gorontalo, agar dapat di gunakan dengan baik bagi masyarakat Gorontalo secara khusus maupun Indonesia secara umum dan Prodi Akuakultur UMGO bisa semakin dikenal dan peminatnya semakin meningkat,” Harapnya. 

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Apris Ara Tilome, dalam sambutanya sekaligus membuka dengan resmi Kulih Pakar tersebut mengatakan bahwa topik ini sangatlah penting untuk dikaji secara bersama demi pengembangan ekonomi berbasis kepulauan di Indonesia.

“Kedepannya baik dalam sektor sumber daya hewan, tanaman maupun ekosistem laut secara keseluruhan perlu adanya peningkatan secara berkelanjutan dan gagasan yang dapat membawa kemajuan bagi perkembangan Prodi Akuakultur baik untuk Para Akademisi dan mahasiswa. 

Dalam kesempatan tersebut ia menjanjikan memberi hadiah bagi Siswa-Siswi yang membuat konten promisi kampus UMGO dan bisa mengajak teman-teman mereka gabung di UMGO dimana hadiah utamanya adalah laptop.

“Selamat datang di Kampus UMGO, kampus Unggul dan Berkemajuan saat ini UMGO  telah memiliki Prodi baru yakni Prodi Kedokteran. Jadi silahkan di promosikan kepada teman-teman lain karena sebentar lagi kita akan membuka pendaftaran mahasiswa baru angkatan 2024 dan siapa yang membuat konten menarik dan berhasil menggaet teman-teman kalian untuk kuliah disini akan Saya berikan hadiah mulai dari uang tunai sampai dengan hadiah laptop. Di UMGO juga memiliki berbagai beasiswa mulai dari beasiswa KIP, BI, Muamalat, BSI dan lain-lain, selamat mengikuti kuliah Pakar dan serap Ilmu sebanyak mungkin,” Tutupnya. 

Hadir dalam pantauan, Wakil Rektor III, Dr. Apris Ara Tilome, Dekan FSIK, Dr. Talha Dangkua, Ketua Jurusan Ilmu-ilmu Pertanian, Dr. Mohamad Ervandi, Ketua Program Studi AkuakulturDr. Dewi Shinta Achmad, narasumber, Dr. Aras Syazili, S.Pi, M.Si., mahasiswa Akuakultur, siswa-siswi SMK ADA dan para tamu undangan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com