Jurusan Keperawatan UMGO Adakan Workshop Item Development dan Item Review

Kampus Unggul dan Berkemajuan – Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo (FKIK-UMGO) melangsungkan Workshop Item Development dan Item Review Soal Uji Kompetensi Ners, yang dihelat secara luring di Aula Lantai III Rektorat UMGO, Selasa (02/01/2023). Melalui jurusan Keperawatan, kegiatan ini bekerja sama dengan Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI).

Dekan FKIK UMGO, Dr. Zuriati Muhamad , M.Kes., mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dosen dalam menyusun instrumen uji kompetensi. “Guna mempersiapkan hal tersebut, dosen perlu meningkatkan kapasitas mereka dalam menyusun soal dengan kriteria yang baik, mengingat uji kompetensi mahasiswa merupakan salah satu syarat kelulusan,” ujarnya dalam sambutan.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada narasumber yang telah berkenan hadir di Gorontalo khususnya UMGO dan sharing Ilmu dengan teman-teman Dosen. 

“Banyak terima kasih juga kepada Rektor yang senantiasa selalu mensuport kegiatan kami. Alhamdulillah FKIK sudah beberapa kali menggelar Workshop bulan lalu kita melakukan Workshop prodi Kedokteran dan awal tahun ini dilaksanakn oleh prodi Keperawatan. Ini sangat diperlukan untuk menghasilkan lulusan terbaik dan berkompoten Keperawatan UMGO. Maka kepada Bapak-Ibu Dosen tolong gunakan kesempatan ini sebaiknya terutama bagaimana menyusun soal berkualitas dan menghadapi peserta didik dan selepas ini akan ada pelatihan OSCE maka kami memohan arahan, masukan dan petunjuk dari pemateri untuk meningkatkan kualitas prodi Keperawatan UMGO,” Pintanya. 

Hadir sebagai narasumber, Pengurus AIPNI Pusat Dr. I Made Kariasa, S.Kp., M.M., M.Kep., Sp.KMB., PG.Cert., dan Dr. Takdir Tahir,S.Kep.,Ns., M.Kes.

Sementara itu, Rektor UMGO, Prof. Abd. Kadim Masaong dalam sambutannya mengatakan untuk mendukung peningkatan tingkat kelulusan uji kompetensi,  maka diperlukan upaya yang sistematis yang didukung oleh semua pihak dari awal hingga akhir proses pendidikan. Salah satu yang harus dipersiapkan adalah pengembangan soal uji kompetensi ditingkat institusi yang memiliki kualitas yang setara dengan soal nasional.

“Maka Workshop ini sangat penting apalagi berkaitan dengan UKOM, karena itu atas nama civitas akademika UMGO kami menyambut baik kegiatan ini dan mohon kepada peserta untuk bersungguh-sungguh dan menggunakan waktu seefisien mungkin apalagi pemateri menyediakan waktu 6 hari. 

Jadikan workhsop adalah alat untuk mencapai tujuan, untuk meningkatkan kompetensi dosen dalam menyusun soal,  agar tingkat pemahaman mahasiswa dalam menganalisis soal semakin baik dan presentase kelulusan UKOM Keperawatan UMGO bisa mencapai 100%,” Jelasnya. 

Lanjutnya, selama ini kami nilai UKOM Mahasiswa Keperawatan UMGO mencapai 95% ke atas dan bahkan terakhir hingga 98%, apalagi saat ini UMGO sudah punya CBT sehingga dapat terbiasa dalam melakukan simulasi dan sebagainya.

“Kita berharap kedepan alumni kita semakin berkualitas sekarang yang lulus UKOM 98 % bahkan pernah 100 % tetapi yang paling penting sesudah pelatihan ini prestasi Keperawatan UMGO semakin meningkat. Mudah-mudahan kedatangan pemateri yang luar biasa akan membawa Keperawatan UMGO semakin maju, kompetensi Dosen semakin meningkat,  kepercayaan masyarakat pada prodi Keperawatan baik S1 dan Ners semakin banyak,” Tutupnya.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com