VISITASI CBT CENTER FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UMGO

Kampus Unggul dan Berkemajuan -Dalam rangka meningkatkan CBT (Computer Based Test), Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) melaksanakan kegiatan Visitasi CBT, CBT merupakan suatu tes yang diselenggarakan dengan menggunakan komputer. Kegiatan yang diselenggarakan pada Sabtu 6 Januari 2024 ini juga dirangkaikan dengan Pelatihan Objective Structured Clinical Examination (OSCE). 

Kegiatan yang di Gelar di Lab CBT UMGO ini menghadirkan 2 orang Tim Visitasi Lembaga Pengembangan Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan (LPUK Nakes) di UPT CBT dan CC Universitas Muhammadiyah Gorontalo yaitu:

1. Dr. I. Made Kariasa, S.Kp., M.M., Kep., Sp., Kep., MB (Wakil Ketua LPUK Nakes)

2. Ferry P. Pakpahan, M.Hum (Tim LPUK Nakes) 

Kepala UPT, Computer Based Test dan Competency Certified Tes UMGO, Fadli Syamsuddin, M.Kep., Sp.Kep.,MB., dalam pengantarnya mengucapkan selamat datang kembali di Gorontalo kepada Tim visitasi. 

“Alhamdulillah proses pengajuan Visitasi  bisa dilaksanakan hari ini dan tentunya selaku Kepala UPT, saya sangat berharap bahwa UPT kami bisa digunakan untuk Tryout dan Ukom tenaga kesehatan. Dan kami mohon masukan-masukan terkait kekurangan kami diberitahukan sehingga kami segera melengkapinya dan tentunya ini baru kali pertama CBT ada di UMGO, jadi mohon bimbingan dan arahannya, kami juga sudah menyiapkan Tim IT mohon untuk dibina dan diberi masukan sehingga nantinya pelaksanaan Tryout dan Ukom di CBT UMGO bisa berjalan dengan baik,” Pintanya. 

Sementara itu Wakil Rektor I UMGO, Prof. Moon Hidayati Otoluwa dalam sambutannya mengatakan, kehadiran Tim Visitasi mengunggah semangat  UMGO khususnya FKIK untuk lebih baik terutama dengan kehadiran Kedokteran. 

“CBT ini sangat kami butuhkan dan Alhamdulillah kami berhasil memiliki dan ini kita tidak hanya fungsikan untuk Muhammadiyah. Terima kasih kepada Tim Visitasi telah datang ke UMGO, kepada Tim IT CBT apa yang disampaikan asesor bisa diperhatikan mulai dari fasilitas listrik, jaringan dan lainnya silahkan bertanya sebanayak-banyaknya kepada mereka agar semakin lebih baik.  Secara umum Visitasi CBT Center ini bertujuan untuk melakukan penilaian pencapaian kelayakan pelaksanaan Ujian CBT Nasional di Program Studi Profesi Dokter UMGO yang sesuai dengan ketetapan Standar Nasional yang telah ditetapkan baik berupa fasilitas, server, dan ruangan semoga dengan adanya Visitasi ini akan meningkatkan kualitas CBT yang ada di UMGO” Harapnya.

Terakhir, Wakil Ketua LPUK Nakes, Dr. I. Made Kariasa, S.Kp., M.M., Kep., Sp., Kep., MB., meyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya hari ini akan memverivikasi kesiapan fasilitas yang akan digunakan dalam pelaksanaan Ujian Kompetensi metode CBT seperti Server beserta ruangan yang akan digunakan dalam proses ujian sesuai dengan daftar tilik yang telah dikirimkan.

“Adanya CBT center bisa diambil hikmahnya yang pertama tentu, anak-anak yang akan ujian bisa langsung disini karena dia ujian di rumahnya sendiri sehingga mereka akan merasa aman dan yang ke dua kehadiran CBT akan tersebar diseluruh pelosok negeri bahwa UMGO sudah memiliki CBT sebagai tempat untuk melakukan uji kompotensi. Sehingga demi kelayakan CBT itulah kami diminta untuk memverifikasi, memvalidasi agar supaya baik digunakan dalam operasionalnya,” Paparnya. 

Lanjutnya, yang akan menjadi fokus utama dalam Visitasi ini adalah bagaimana operasional CBTnya, kemudian manajemennya. 

“Karena salah satu manajemen yang baik adalah CBTNya, mungkin ada kabel-kabel yang lewat akan kita kasih tau karena tidak boleh ada yang curiga terkait UKOM atau dicurigai sehingga ujian itu benar-benar diperuntukkan untuk menguji pengetahuan mereka agar menjaga integritas tenaga kesehatan dengan baik karena mereka nantinya akan berhadapan dengan manusia,” Tutupnya. 

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com