KKD Tematik UMGO Terapkan Konsep One Village, One Product

Kampus Unggul dan Berkemajuan – Program Kuliah Kerja Dakwah (KKD) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) terintegrasi dengan KKN tematik membangun desa membuahkan hasil yang memuaskan di Kecamatan Tapa , Kabupaten Bone Bolango. Pasalnya mahasiswa bersama masyarakat telah mewujudkan one village one product (OVOP) atau satu desa satu produk. 

Mahasiswa memamerkan sebuah produk olahan makanan dari berbagai potensi alam yang ada di dua Desa tempat pelaksanaan KKD yakni Desa Langge dan Meranti yang berada di Kecamatan Tapa, Bonebol. Berbagai olahan makan dan minuman dihasilkan mahasiswa ada yang dari bahan baku jagung dibuatkan puding, es krim, susu jagung, emping, bronis pisang, tepung beras, tepung kelapa, kemudian ada juga buah mangga yang dijadikan sirup es buah, nangka goreng crispy berbalut dengan toping coklat dan keju, daun afrika yang dijadikan sebagai herbal dengan berbagai khasiat dan berbagai olahan produk lainnya. 

Pameran hasil produk inovasi mahasiswa ini merupakan rangkaian pelaksanaan  kunjungan Monitoring dan Evaluasi KKD Angkatan XXIV Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) yang dilakukan oleh 

Tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UMGO. Monev yang bertempat di Desa Langge, Kecamatan Tapa, Kabupate Bone Bolangi ini diikuti oleh dua klaster yakni Desa Langge dan Desa Miranti, Selasa 9 Januari 2024.

Monev ini dihadiri langsung oleh Wakil Rektor I UMGO, Prof. Moon Hidayati Otoluwa, Wakil Rektor II, Dr. Salahudin Pakaya, Ketua LPPM UMGO, Dr. Indri Afriani Yasin dan tim, Sekertaris Bappeda Litbang Bone Bolango, Udin Kuku, Kepala Desa Langge, perwakilan Camat Tapa, masyarakat Desa Langge, mahasiswa KKD klaster Desa Langge dan Meranti dan para tamu undangan. 

“Program One Village One Product merupakan program yang sangat baik untuk mengembangkan potensi desa terutama dengan adanya bantuan dari mahasiswa yang sedang melaksanakan KKD di dua desa ini. Diharapkan teman-teman mahasiswa dapat menularkan ilmunya sesuai dengan keahliannya masing-masing, sehingga setelah KKD selesai, program-program kerja yang sudah dilakukan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat terutama masyarakat Desa Langge dan Meranti.  Alhamdulillah mereka berhasil membuat lebih dari satu produk kami berharap setelah ini ada pendampingan dari pihak terkait untuk pengembangan produk, apalagi semua produk yang dibuat adalah yang berada di desa setempat,” Ucapnya. 

Kemudian, Wakil Rektor I UMGO, Prof Moon dalam sambutannya mengaku bangga dengan kinerja dari mahasiswa yang tidak hanya membuat suatu produk tetapi ada yang  5 sampai 8 produk. 

“Tentu kami berharap inovasi ini bisa disahkan dan menjadi produk unggulan yang ada di desa. Konsep KKD yang ada saat ini selain mengabdi pada masyarakat juga bagaimana bisa memberdayakan masyarakat terutama ibu-ibu yang berprofesi IRT untuk dilatih bagaimana membuat prodak, packaging hingga memasarkan produk. Semoga bisa bermanfaat bagi masyarakt dan bisa menjadi UMKM  desa dan dapat dirasakan secara luas karena semua prodak memanfaatkan hasil bumi yang ada di desa masing-masing,” Harapnya. 

Terakhir, Sekertaris Bappeda Litbang Bone Bolango, Udin Kuku mengapresiasi kinerja dari mahasiswa KKD UMGO dengan adanya berbagai produk ini salah satu outcome yang konkrit dari KKD Tematik Membangun Desa. 

“Ucapan terima masih kepada civitas akademika UMGO khususnya mahasiswa sangat luar biasa. Kegiatan ini bermanfaat bagi pemrintha daerah dan desa khususnya bagi masyarakat dan manfaatnya juga untuk kampus dan mahasiswa dimana mereka bisa menambah pengalaman. Hasil alam di Langge dan Meranti sangat banyak harap KKD Tematik ini ada kelanjutannya terutama dalam meningkatkan, kualitas dan kuantitas produk olahannya,” Ucapnya. 

Selain itu juga berdampak langsung dalam meningkatkan daya saing desa terutama dalam menangani kemiskinan.

“Semoga hasil dari ini bisa berkelanjutan dan Insha Allah apa yang ditinggalkan bisa dilanjutkan masyarakat, khususnya bagi kelompok yang sudah dibina. Kalau ini sudah didorong menjadi suatu usaha harus mengurus BPOM agar masyarakat lebih yakin dengan prodak yang ada dan izin usaha lainnya Insha Allah pemerintah siap memberikan memfasilitasi secara gratis dan mudah ini guna mewujudkan harapan kita semua untuk menyejahterakan masyarakat,” Tutupnya.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com