Pelaksanaan Monev KKN-Dik Universitas Muhammadiyah Surakarta kerjasama dengan FKIP UMGO

Kampus Unggul dan Berkemajuan – Selasa, 20 Februari 2024 Tim Panitia KKN-Dik UNiversitas Muhammadiyah Surakarta Kerjsama FKIP Universitas Muhammadiyah Gorontalo melakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Program KKN-Dik. Adanya kegiatan ini sebagai bentuk evaluasi jalannya program kerjasama dengan Sekolah Mitra Pengembangan Pendidikan Dasar.

Tim Monev melakukan kunjungan ke 17 mahasiswa UMS yang dibagi menjadi tiga kelompok dan disebar di dua Sekolah Muhammadiyah yang ada di Kota Gorontalo dan 1 SMK Muhammadiyah di Kota Limboto, yakni MIM Unggulan Kota Gorontalo dimana menjadi lokasi pertama monev, SMA Muhammadiyah Kota Gorontalo sebagai lokasi ke dua dan SMK Teknologi Muhammadiyah menjadi lokasi ke tiga atau terakhir monev. 

Turur hadir dalam kegiatan Wakil Rektor I Prof. Moon Otoluwa, Ketua BPH, Drs. Yusnan J. Ekie, Dekan FKIP, Dr. H. Abd. Hamid Isa, M.Pd., Kaprodi PGSD, Kaprodi Ikor, DPL dan Panitia KKN-Dik beserta Kepala-kepala Sekolah dan mahasiswa KKN-Dik. Prof Moon dalam sambutannya mengatakan kendala bahasa itu biasa ketika merantau, saat mendengar keluhan mahasiswa sering mengalami miss komunikasi saat menjalankan proker. 

“Kendala bahasa itu biasa, anggap saja penyesuain dan pengalaman yang berharga untuk kalian, jangan sungkan minta bantuan bapak-ibu baik yang di Sekolah dan di UMGO tentu kami semua siap pasang badam. Program kalian jalankan sangat bagus semoga meninggalkan kesan yang baik untuk Sekolah khususnya siswa-siswi dan kalian akan membawa pulang kenang yang berkesan selama ada di Gorontalo, pesan saya laporan dibuat dan dilengkapi sebaik mungkin agar tidak ada kendala kedepan dan jangan lupa komunikasikan dengan UMS semua kegiatan yang dilakukan sehingga apa yang diharapkan kampus kalian jangan sampai tidak terlaksana dan apa yang menjadi kekurangan bisa kita perbaiki bersama,” Ucap Prof Moon, saat memberikan sambutan di MIM Unggulan Kota Gorontalo. 

Kegiatan yang dilakukan mahasiswa diantaranya :

– Pendampingan mengajar oleh mahasiswa 

– Pendampingan IT untuk guru diantaranya pelatihan canva

– Pendampingan administrasi sekolah

– Mengikuti Kuliah Subuh dan kegiatan-kegiatan PCM Gorontalo

–  Melaksanakan Jum’at Sehat dan Berkah

–  Jum’at Bersih

–  Pengenalan budaya jawa melalui aksara Jawa

–  Penataan ruang perpus

–  Pengenalan mahasiswa dilingkungan PCM dan masyarakat

–  Kajian menyambut Isra Miraj

–  Pendampingan TPQ

–  Pojok literasi

–  English discussion group dan program kerja lainnya. 

Dr Yusnan saat memberikan sambutan mengapresiasi proker yang telah dilakukan mahasiswa UMS meskipun ada kendala namun mahasiswa terus berupaya memberikan yang terbaik dan memanfaatkan waktu yang tersisa kurang lebih 3 minggu dari total waktu 6 minggu. 

“Saya telah mendengar proker kalian sangat luar biasa, sudah seperti itulah kader Muhammadiyah berperan salah satu prinsip Muhammadiyah adalah menjadi rahmat bagi seluruh alam, dan mahasiswa Muhammadiyah wajib hukumnya bahagia karena dia harus memberikan rahmat semua alam maka harus banyak dekat dengan tuhan. Semoga semua kegiatannya sukses dan lancar dan memberikan manfaat khususnya dalam studi kalian,” Harapnya.

Terakhir, Kepala Sekolah MIM Unggulan Kota Gorontalo, Yusnawati Abdullah mengaku sangat terbantu dengan keberadaan mahasiswa KKN-Dik UMS karena beberapa program yang dibuat mahasiswa berkaitan dengan program disekolahnya.

“Alhamdulillah kami sangat terbantu dengan kehadiran adik-adik mahasiswa karena beberapa program yang telah disusun konek dengan MIM sehingga memudahkan kita disini. Harapan kami apa yang menjadi prasyarat dari kegiatan ini tolong dimaksimalkan disisa waktu yang tersisa. Sebagai informasi semua kegiatan Sekolah kami selalu melibatkan adik-adik mahasiswa Insha Allah mereka diberikan kesehatan dan dilancarkan kegiatannya, kami selalu siap membantu dengan membangun komunikasi antar mahasiwa, pihak Sekolah, guru pamong dan juga PCM,” Tutupnya.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com