NI dan Mahasiswa Akrab di Sarasehan, Pembinaan Mental dan Kejuangan

KAMPUS PENCERAHAN – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM-Go) nampak begitu akrab bersama TNI-AD dalam kegiatan Sarasehan, Rabu kemarin (4/11/2019), di Banthayo lo Yiladia (BlY), Kota Gorontalo. Sarasehan ini berlangsung menyenangkan, dimana pihak TNI-AD mengajak mahasiswa untuk saling mencintai sesama bangsa Indonesia di tengah keberagaman suku dan agama. Oleh TNI-AD, bahasan ini dibalut dalam tajuk pembinaan mental ideologi dan kejuangan melalui keteladanan Nani Wartabone.

Rektor UM-Go, Dr. dr. Muhammad Isman Jusuf yang saat itu hadir mendampingi seluruh mahasiswanya menjelaskan, bahwa TNI telah menjamin keamanan mahasiswa yang menempuh pendidikan di provinsi Gorontalo. Komitmen perlindungan ini dikuatkan melalui sarasehan pahlawan Nasional Nani Wartabone yang diikuti sekitar 700 peserta. “TNI berkomitmen memberikan perlindungan terhadap mahasiswa. Bahkan komitmen ini oleh UM-Go telah dilakukan lebih jauh lagi, yakni melalui kerjasama pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” ungkap rektor.

Bagi Muhammadiyah, lanjut rektor, Nani Wartabone merupakan tokoh yang memberikan kontribusi pada gerakan pendidikan dan ekonomi kerakyatan. Iya,
pada tahun 1932, kata rektor, Nani Wartabone mendirikan sekolah desa Muhammadiyah di Suwawa. Setahun berikutnya, Nani Wartabone kembali mendirikan koperasi Muhammadiyah di Gorontalo. Peran beliau pun tidak dapat dipisahkan dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta cabang Gorontalo dan Universitas Islam Gorontalo (UIG), yang menjadi cikal bakal IAIN Sultan Amai saat ini. “Kedua universitas ini merupakan perguruan tinggi swasta pertama di Gorontalo pada era tahun 1960-an,” terangnya.

Lewat Pusat Koperasi Kopra, tambah rektor, Nani Wartabone menyisihkan seratus rupiah per 100 kg kopra untuk melengkapi fasilitas perkuliahan bagi IKIP Negeri Manado cabang Gorontalo, membangun asrama mahasiswa Gorontalo di sejumlah daerah seperti di Manado, Makassar, Jakarta, Yogyakarta dan Bandung, serta memberikan beasiswa kepada pelajar dan mahasiswa.

“Atas jasa-jasa dalam pendirian perguruan tinggi di Gorontalo, Nani Wartabone telah dianugerahi peniti emas jambura akademikus oleh civitas akademika Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dan khafilah kepanduan Hizbul Wathan oleh UM-Go pada peringatan hari patriotik 23 Januari tahun 2017,” papar rektor.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Pembinaan Mental Angkatan Darat (Bintalad), Brigjen TNI, Asep Syaripudin menjelaskan, sebagai satuan pelaksana pembinaan mental dan kejuangan, sarasehan ini dilaksanakan serangkaian dengan napak tilas pahlawan Nasional Nani Wartabone, yang diawali dengan ziarah ke makam Nani Wartabone dan upacara di monumen Nani Wartabone.

“Mari kita manfaatkan kesempatan yang sangat berharga ini dengan baik sehingga mendapat kedalaman pengetahuan maupun keluasan wawasan dari sarasehan. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Yos wartabone, Drs. HBJ Mahdang, Drs. Joni Apriyanto, M. Hum, serta Drs. Muhammad Ruslan sebagai narasumber pada penyusunan buku tentang nilai-nilai nasionalisme dan militansi pahlawan Nani Wartabone,” terangnya.

Selain itu, Pangdam XIII/Merdeka dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Danrem 133/Nani Wartabone, Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw mengatakan, salah satu rangkaian kegiatan santikarma bintalidjuang napak tilas pahlawan Nasional Nani Wartabone di wilayah Kodam XIII/Merdeka adalah mendukung tugas pokok TNI-AD untuk mengabdi kepada nusa dan bangsa disertai semangat jiwa nasionalisme dan militansi perjuangan yang dimiliki pahlawan nasional Nani Wartabone.

Selanjutnya Danrem mengucapkan terima kasih kepada Kadis Bintalad dalam menyelenggarakan kegiatan napak tilas. “Atas nama seluruh prajurit Korem 133/Nani Wartabone, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, disertai harapan, semoga kegiatan seperti ini akan menjadi semangat kepada seluruh prajurit Korem 133/Nani Wartabone dan prajurit TNI yang ada di Gorontalo,” pungkasnya.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com