logo-1.png
Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Select Language

KAMPUS PENCERAHAN – Masa transisi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) menuju bangku perguruan tinggi sangat membutuhkan informasi pilihan yang jelas untuk para siswa. Untuk itu, Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM-Go) berinisiasi membentuk tim penerimaan mahasiswa baru (Maba) untuk mengunjungi sekolah-sekolah dan mengenalkan kampus. Tim yang bertugas sebagai koordinator dan petugas ketika sosialisasi merupakan dosen, staff dan mahasiswa yang dipimpin langsung Wakil Rektor IV, Bidang Kemahasiswaan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK), Dr. Munkizul Umam Kau.

Dalam rangka menggaet minat para siswa, tim berupaya untuk menyusun konsep guna menyukseskan mekanisme sosialisasi. Salah satunya dengan melibatkan banyak mahasiswa berprestasi dibidang akademik dan non-akademik. Lebih-lebih kehadiran Munkizul sebagai pimpinan kampus sekaligus motor penyampaian informasi pada momen sosialisasi ini.

Kunjungan tim sosialisasi yang selalu disambut baik oleh pihak sekolah dan para siswa membuat suasana sosialisasi semakin menyenangkan. Salah satunya di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Gorontalo (Kabgor). Pada kegiatan ini, Munkizul bersama tim diterima langsung oleh Kepala MAN 1 Kabgor, Dr. Romi Bau. “Sosialisasi ini untuk memperkenalkan keberadaan kampus UM-Go kepada calon mahasiswa. Memperkenalkan fasilitas serta program studi (Prodi) yang dapat menjadi pilihan calon mahasiswa dalam menyusun rencana kuliah sesuai kecenderungan mereka,” ungkap Munkizul kepada media, Kamis kemarin (14/11) via seluler.

Sesuai informasi, antusiasme siswa cukup tinggi terhadap paparan yang dilakukan tim. Adapun paparannya dilakukan dengan memperkenalkan tiap-tiap Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) hingga momen kegiatan Organisasi Otonom (Ortom) yang membuat para siswa semakin antusias dan interaktif ketika sesi tanya jawab. “Kesehatan dan pendidikan masih menjadi favorit mereka,” terangnya.

Dilanjutkan dengan pemaparan materi. Pemaparan dilakukan secara bergantian oleh seluruh anggota tim sosialisai. Materi yang disampaikan antara lain informasi seputar kampus, prodi, fasilitas kampus, info beasiswa, biaya perkuliahan, tenaga pengajar, UKM, HMJ, organisasi lembaga, prestasi dosen dan mahasiswa hingga penyampaian informasi mengenai tata cara pendaftaran secara online dan offline. “Insya Allah, mulai tahun 2020, kita akan menggunakan sistem online untuk pendaftaran mahasiswa baru. Dan target kita adalah 1000 mahasiswa,” tambahnya.

Tak lupa, Munkizul bersama tim memberikan motivasi kepada para siswa yang akan menghadapi Ujian Nasional beberapa waktu kedepan, untuk meningkatkan rasa optimistis dan selalu semangat belajar serta berdo’a untuk hasil yang terbaik.

Close Menu